Warga Bantarkawung Mengaku Miliki Geranat Zaman Jepang

Link Banner


Rustono yang usianya hampir 1 abad ini memiliki geranat yang digunakan saat dirinya ikut berjuang melawan penjajah Jepang. Namun, warga Tambak Serang, Kecamatan Bantarkawung ini menyerahkan geranat yang menjadi saksi perjuanganya itu ke TNI.

Rustono (berpeci putih) pemilik geranat bersalaman dengan Babinsa Koramil 12/Bantarkawung Kodim 0713/Brebes. - Foto: Dok. Pendim 0713/Brebes.

BANTARKAWUNG - Seorang warga yang tinggal di RT 01 RW 02 Desa Tambak Serang, Kecamatan Bantarkawung, Brebes bernama Rustono (98) mengaku memiliki geranat tangan yang ia gunakan selama masa dirinya ikut berjuang melawan penjajah Jepang.

Granat yang dimiliki Rustono secara fisik masih aktif, hal ini bisa membahayakan dirinya dan lingkunganya. Karena itu, Rustono menyerahkan geranat yang menjadi saksi bisu perjuanganya tersebut ke Babinsa Koramil 12 Bamtakawung Kodim 0713/Brebes.

"Saya sebenarnya sudah lama berkeinginan menyerahkan geranat ini, tapi tidak tahu kepada siapa saya harus menyerahkanya." Kata yang merupakan Veteran 45 itu.

Geranat milik Rustanto. - Foto: Dok. Pendim 0713/Brebes.


Danramil 12/Bantarkawung Kodom 0713/Brebes, Kapten Armed Zaenal Abidin berterima kasih kepada Rustono atas kesadaranya menyerahkan bahan peledak sisa-sisa perang jaman kemerdekaan melawan Jepang dulu.

"Granat ini akan disimpan sementara di Kodim 1713/Brebes untuk dilaporkan di Korem 071/Wijayakusuma." Kata Zaenal. (*)



Editor: Yudhi Prasetyo
Sumber: Pendim 0713/Brebes
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: