Waspada..!, Anak Muda Juga Bisa Terkena Hipertensi

Link Banner


Hipertensi bisanya menyerang pada orang tua, namun ternyata hipertensi juga menyerang anak muda. Penyebab hipertensi sidi beragam dan digolongkan menjadi dua jenis yakni hipertensi primer dan hipertensi skunder. - Foto: Ilustrasi / Istimewa.

PADA umumnya penyakit hipertensi menyerang orang tua. Seiring dengan bertambahnya usia, resiko terkena penyakit tersebut juga semakin besar.


Meskipun orang yang telah berusia lanjut memiliki resiko terkena hipertensi, namun ternyata orang yang masih berusia muda juga tidak luput dari potensi terkena hipertensi.

Orang yang berusia 18 hingga 30 tahun juga beresiko terkena penyakit hipertensi. Di Indonesia sendiri orang berusia muda yang terkena hipertensi sebanyak sebanyak 5,3% dari total penderita hipertensi sebanyak 25,8%. Dari 5,3% tersebut mereka berusia antara 15 hingga 17 tahun.

Penyakit hipertensi sendiri memiliki berbagai jenis seperti hipertensi primer dan hipertensi skunder. Untuk hipertensi primer adalah kondisi dimana tekanan darah tinggi yang tidak jelas penyebanya atau tidak disebabkan atau dipengaruhi oleh kondisi medis apa pun.

Sedangkan untuk hipertensi skunder adalah jenis hipertensi yang disebabkan oleh suatu kondisi medis tertentu yang menyerang ginjal, pembuluh darah, jantung, atau sistem endokrin.

Hypertensi skunder yang menyerang anak muda lebih disebabkan oleh penyakit ginjal turunan, kelainan atau bentuk aorta, sleep apnea, penyakit paru abbtruktif kronis (PPOK).

Perempuan muda yang rutin mengkonsumsi pil KB juga beresiko terkena hipertensi.

Sementara, sebagian besar kasus hipertensi pada anak muda tergolong ke dalam hipertens primer. Pengidap hiertensi jenis ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor keturunan (genetik) atau gaya hidup yang tidak sehat, ataupun kombinasi keduanya. (*)
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: