112 RTM Pamijen Bumiayu Terima Bantuan Ayam

Link Banner


Ayam yang diterima sebanyak 5.600 ekor untuk 112 Rumah Tangga Miskin. Bantuanjuga disertakan 28.000 kilogram pakan dan 112 paket obat-obatan


Kepala Desa Pamijen bersama dengan BBTU-HPT dan Babinsa berfoto bersama.
(Foto: Yudhi Prasetyo/PP)

BUMIAYU - Sebanyak 112 Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Pamijen, Kecamatan Bumiayu, Brebes menerima bantuan ayam dari Kementerian Pertanian. Pembagian dilakukan melalui Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturraden, Jum'at (30/11/2018) di lapangan desa setempat.

Pemberian bantuan ayam tersebut merupakan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) Kementerian Pertanian.

Kepala Desa Pamijen, Subhan Maulidi mengatakan, bantuan ayam yang diterima warganya sebanyak 5.600 ekor untuk 112 RTM. Selain itu juga disertakan bantuan pakan ternak sebanyak 560 karung atau seberat 28.000 kilogram dan obat-obatan sebanyak 112 paket.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini warga penerima bantuan dapat terbantu dari sisi ekonominya." Kata Subhan. Kedepan, lanjutnya, kesejahteraan warga akan meningkat.

Dengan semakin sedikitnya warga katagori miskin di Desa Pamijen, maka angka kemiskinan otomatis akan berkurang yang pada akhirnya Pamijen benar-benar sejen (lain).

Koordinator BBPTU-HPT Baturraden Heri Supriyadi menuturkan, ayam yang dibagikan tersebut merupakan jenis ayan Jowo Super (Joper) yang dibudidayakan dari bibit terbaik dengan usia rata-rata 4 minggu.

"Ayam yang diterima semoga cepat berkembang dan optimal." Kata Heri.

Sementara, Program Bekerja dimulai sejak 23 April 2018 lalu. Setiap rumah mendapatkan bantuan 50 ekor ayam. Pada tahap awal Kementerian Peternakan menyediakan 10 juta ekor ayam untuk seluruh Indonesia atau 1.000 desa dari 100 kabupaten di 8 provinsi.

Program bantuan ayam ini didasari bahwa di Indonesia masih terdapat 16,9 juta penduduk miskin dan 4 juta rumah tangga miskin. Program tersebut sebagai solusi jangka pendek pengentasan kemiskinan terutama di pedesaan. Dari 26 juta desa yang ada, 16 juta diantaranya merupakan desa katagori miskin.

Fokus bantuan ayam sendiri pada 8 provinsi yang berada di Pulau Jawa, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung, serta Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat. (Yud/PP)
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: