Ada Ornamen Batik di Underpass Karang Sawah

Link Banner


Ornamen batik dibuat untuk mempercantik jalan bawah rel kereta api Karang Sawah tersebut serta memperkenalkan kearifan lokal berupa batik Salem

Ornamen Batik Salem mempercantik underpass Karang Sawah. (Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPanura)

TONJONG - Underpass Karang Sawah di jalur utama Tegal-Purwokerto telah selesai pengerjaanya. Pembangunan jalan bawah rel kereta api di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes tersebut menelan anggaran Rp87 miliar yang bersumber dari APBN.

Selain membangun underpass juga dibangun jembatan baru Kali Pedes yang berada di samping jembatan lama. Meskipun ada jembatan baru, namun jembatan lama tetap difungsikan bagi kendaraan dari arah selatan yang hendak masuk underpass. Sementara jembatan baru untuk kendaraan dari arah utara setelah keluar dari underpass.

Underpass Karang Sawah Sendiri pengerajaanya dimulai sejak 7 Februari 2018 oleh PT Modern Widya Technical dengan panjang 87 meter dan tinggi 5,3 meter. Sementara total pengerjaanya sepanjang 850 meter hal tersebut karena dalam paket pembangunan underpass Karang Sawah juga dibangun jembatan.

Untuk mempercantik underpass yang segera diresmikan tersebut, pihak kontaktor yakni PT Modern Widya Technical membuat ornamen pada dinding di sisi jalan dan box underpass. Ornamen tersebut berbentuk batik motif Salem.


"Pemilihan motif batik ini karena di Brebes ternyata ada sentra batiknya yaitu batik Salem." Kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karang Sawah Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Alik Mustakim.

Selain itu, lanjut Alik, di dalam underpass juga dipasang lampu di tengah dan di samping yang difungsikan untuk menerangi jalan terutama pada malam hari, hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak kejahatan.

Sementara, Humas PT Modern Widya Technical pada proyek underpass Karang Sawah, Rizal mengatakan, selama proses pengerjaan tidak ada hambatan maupun kendala yang berarti. "Semua berjalan dengan aman dan lancar." Katanya. (*)

Pewarta : Yudhi Prasetyo
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: