BPD dan DPR Punya Peran yang Sama

Link Banner


Fungsi pengawasan sama-sama terdapat pada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Anggota BPD menandatangani berita acara pengukuhan dihadapan Camat Bumiayu Apriyanto Sudarmoko. (Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura)


BUMIAYU - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat menjalankan fungsinya dengan baik, karena peranan dan fungsinya sangat penting bagi desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Dengan Adanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menempatkan desa sebagai subyek bagi pembangunan di wilayahnya sendiri membuat peran BPD mutlak dan penting. Pasalnya, desa yang selama ini diposisikan sebagai obyek, kini telah menjadi subyek bagi pengembangan potensi dirinya sendiri.

"Semoga BPD bisa bekerja sama dengan Kepala Desa dan menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya." Kata Camat Bumiayu Drs Apriyanto Sudarmoko usai pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan BPD se Kecamatan Bumiayu, Senin (3/12/2018) di gedung Pendopo 2 eks Kawedanan Bumiayu.

Meskipun baru dilantik, BPD menghadapi pekerjaan rumah yang berat yakni mengawal jalanya Pemilihan Kepala Desa (Kades) yang akan dilaksanakan selepas Pemilu 2019 mendatang.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes Imam Sairi yang menyaksikan jalanya pengukuhan BPD se Kacematan Bumiayu tersebut mengatakan, BPD sekarang ini memiliki perang yang sangat penting karena BPD seperti DPRD di tingkat Kabupaten/Kota yang memiliki fungsi pengawasan.

"Saya berharap BPD bisa bermitra dengan kepala desa dalam rangka membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan warga desa." Kata anggota DPRD Kabupaten Brebes ini.

Sementara, dalam pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan BPD se Kecamatan Bumiayu diikuti oleh 83 orang yang berasal dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Bumiayu. (*)

Pewarta : Yudhi Prasetyo
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: