Dalam Waktu Dekat Brebes Miliki Pelabuhan Perikanan

Dalam Waktu Dekat Brebes Miliki Pelabuhan Perikanan

Selasa, 25 Desember 2018


Potensi perikanan Brebes sangat besar. Untuk itu perlu tataniaga yang hebat pula dengan tersedianya pelabuhan perikanan

Rombongan Bupati  Brebes berfoto berssama usai melakukan studi banding. (Foto: Dok Humas Brebes)

BREBES -  Berkeinginan  keras memiliki Pelabuhan, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH melakukan studi banding ke Pelabuhan Karimunjawa Jepara beserta jajaran Dinas Perikanan Kabupaten Brebes.

"Mudah mudahan, Brebes dalam waktu dekat memiliki pelabuhan perikanan," tutur Idza disela kunjungannya ke Pelabuhan Karimunjawa.

Menurutnya, potensi perikanan Brebes sangat besar. Untuk itu perlu tataniaga yang hebat pula dengan tersedianya pelabuhan perikanan.

"Brebes memiliki potensi Perikanan yang tinggi, untuk itu perlu dibangun sarana pendukungngya seperti tersedianya pelabuhan dan sumber daya lainnya," tandas Idza

Kunjungan Bupati diterima Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (KPPP) Karimunjawa Ahmad Saefus Jahri

Saefus mengaku senang mendapatkan kunjungan silaturahmi Bupati Brebes beserta jajaran Dinas Perikanan. Dia menjelaskan, pelabuhan ini disinggahi  kapal nelayan dan kapal niaga lainnya tiap hari.

Saefus menjelaskan, Karimunjawa menjadi lumbung ikan Jateng. Juga terdapat terumbu karang yang  baik, sehingga menjadi daerah tujuan wisata. Pelabuhannya juga melayani Perbengkelan perahu dan pabrik es.

Dia juga menyadari masih belum tercukupinya SDM. Meski demikian, Pendapatan Asli Daerah dari Pelabuhan Perikanan Karimunjawa sebesar Rp 363 jt tercapai.

Selain itu, lanjut Saefus, dermaga pelabuhan juga untuk penyeberangan wisatawan ke Karimunjawa yang sudah mendunia.
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Gatot Rudiantoro menjelaskan, potensi perikanan di Kabupaten Brebes tahun 2018 mencapai produksi tangkap ikan mencapai 2,3 jt kilogram pertahun dari sepanjang pantai 73 km di Brebes.

Para nelayan tersebut masih tersebar di pangkalan pendaratan ikan seperti Pengaradan, Krakahan, Kluwut, Pulolampes, Kaliwlingi.

"Bila tersedia pelabuhan diharapkan terfokus dan hasil tangkapan makin besar karena adanya kapal besar dan kapal kapal dari daerah tetangga bisa masuk," ujar Gatot.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kab Brebes Maskorim  menambahkan, dalam kunjungan kerja ke Karimunjawa pihaknya juga mengajak para Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Putra Laut Prapag Kidul Losari, KUB Mangrovesari Kaliwlingi Brebes, KUB Harapan Makmur Limbangan Losari dan KUB Sumber Laut Pulogading  Bulakamba.

Menurutnya, lebih dari 13,5 ribu nelayan di Brebes,  berharap ada gairah tersendiri bila tersedia pelabuhan di Brebes.

"Usai studi banding, kami berharap para Ketua KUB tersebut bisa menularkan ilmu yang didapat kepada anggota, sehingga ada kuantitas dan kualitas hasil tangkapan ikan mereka," pungkasnya. (*)

Sumber: Humas Brebes