Dewi Aryani Berhasil Perjuangkan Puluhan Bidan PTT menjadi CPNS

Dewi Aryani Berhasil Perjuangkan Puluhan Bidan PTT menjadi CPNS

Sabtu, 08 Desember 2018

Mereka yang diangkat yang usianya tidak lebih dari 40 tahun

Dewi Aryani menerima kunjungan bidan di rumah Aspirasi Dewi Aryani (Foto: Wijayanto/PortalPantura)

TEGAL - Setelah menunggu bertahun-tahun, harapan sebanyak 75 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes yang berusia di atas 35 tahun untuk bisa diangkat menjadi PNS  akhirnya terwujud.

Mereka bakal segera diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal itu menyusul terbitnya Keputusan Presiden (Kepres) no 25 tahun 2018 tentang jabatan dokter, dokter gigi, dan bidan sebagai jabatan tertentu dengan batas usia pelamar paling tinggi 40 tahun.

Terkait hal itu, Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PDIP, Dewi Aryani, saat melakukan audiensi dengan puluhan Bidan di rumah aspirasi Dewi Aryani, dalam kegiatan kunjungan kerja perseorangan, Sabtu (08/12/2018) mengatakan, bahwa pihaknya sebenarnya sudah lama menggodok permasalahan itu, khususnya bagi tenaga kesehatan.

Menurut Dewi, hampir selama 3 tahun dirinya berjuang keras fokus pada pembahasan ketenagakerjaan dan kesehatan hingga akhirnya terbit Kepres no 25 tahun 2018.

"Para Bidan dengan penuh sabar mendukung dan memberi motivasi kawan-kawan di komisi IX untuk tetap konsisten memperjuangkan para bidan di atas usia 35 tahun untuk berhak menjadi CPNS," kata Dewi, saat audiensi bersama puluhan Bidan di Rumah Aspirasi Dear, di desa Sidaharja, kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Sabtu siang.

Dari Kepres itu, imbuh Dewi Aryani, usahanya kembali membuahkan hasil setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan surat edaran bernomor : 446/10771/SJ dan 446/10773/SJ kepada Gubernur dan Bupati/Walikota, tertanggal 4 Desember 2018, yang Isinya memerintahkan Gubernur dan Bupati/Walikota agar mengangkat PTT Kemenkes (dokter, dokter gigi dan bidan) menjadi CPNS dilingkup Pemda.

"Alhamdullilah, akhirnya 75 bidan PTT dari Kabupaten Tegal dan Brebes yang berusia di atas 35 tahun itu bisa menjadi CPNS. Dari keputusan ini, semoga para bidan di daerah yang sudah mengabdi lama tidak perlu risau lagi," ujar Dewi Aryani yang meruoakan anggota DPR RI dari Dapil Jateng 9, meliputi Kabupaten Tegal, Brebes, dan Kota Tegal.

Sementara itu, Ketua Bidan PTT Kabupaten Tegal, Isyana Ekowardani mengaku sangat senang karena akhirnya berhak menjadi CPNS. Dirinya mewakili seluruh Bidan PTT mengucapkan terimakasih kepada Dewi Aryani yang telah memperjuangkan statusnya hingga menjadi CPNS.

Sebab sebelumnya, dia gagal atau tidak lolos dalam test CPNS karena terganjal usia maksimal 35 tahun sesuai UU ASN.

Isyana membeberkan bahwa ada sebanyak 31 Bidan PTT di Kabupaten Tegal yang tidak lolos test CPNS karena terkendala batas usia.

"Saya sudah puluhan tahun menjadi bidan. Akhirnya, kami yang sudah berumur di atas 35 ini punya kesempatan menjadi CPNS. Sungguh ini momentum yang sangat berharga bagi kami semua," ujar Isyana yang telah mengabdi sebagai bidan selama 10 tahun lebih itu

Perlu diketahui, sebanyak 114 Bidan PTT di Kabupaten Tegal yang usianya di bawah 35 tahun lolos menjadi CPNS, sementara di atas umur 35 tahun sebanyak 31 orang.

Kemudian untuk Kabupaten Brebes, bidan PTT usia 35 tahun ke bawah yang menjadi CPNS sebanyak 236 orang, sedangkan di atas 35 tahun sebanyak 44 orang.

Dari total itu, adapun 31 di antaranya merupakan Bidan PTT asal Kabupaten Tegal berusia di atas 35 tahun yang kini diangkat menjadi CPNS.

Kemudian, untuk Kabupaten Brebes ada sebanyak 44 Bidan PTT yang juga diangkat dan dinyatakan lolos pada test CPNS lalu.

Jika merujuk Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, maksimal batasan umur untuk mendaftar CPNS sampai usia 35 tahun.

Pewarta: Wijayanto