Kendaraan Dilarang Melintas di Perlintasan KA Sebidang Kutamendala

Kendaraan Dilarang Melintas di Perlintasan KA Sebidang Kutamendala

Selasa, 04 Desember 2018

Perlintasan kereta api sebidang di Desa Kutamedala, Kecamatan Tonjong akan ditutup seiring dengan dioperasikanya underpass Karang Sawah

Kendaraan melintas di underpass karang sawah saar pemberakuan uji coba jalan tersebut. (Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura.com)


TONJONG - Kendaraan yang hendak menuju Tegal maupun Purwokerto tidak diperbolehkan melintas di perlintasan sebidang di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes. Pemberlakuan larangan tersebut setelah underpass Karang Sawah dioperasikan total.

Larangan melintas di perlintasan sebidang Kutamendala itu karena perlintasan tersebut akan ditutup menyusul beroperasinya underpass Karang Sawah secara total.

Penutupan perlintasan sebidang Kutamendala kerja sama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) underpass Karang Sawah Direktorat Jendral Bina Marga Kementeran Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Alik Mutustakim mengatakan, underpass Karang Sawah tengah diuji coba selama 7 hari. Selama masa itu, berbagai aspek akan dilihat termasuk perilaku pengendara yang melintas.

"Setelah uji coba berakhir, maka kami akan melakukan evaluasi internal." Kata Alik.

Jika underpass telah dioperasikan total maka perlintasan sebidang Kutamendala akan ditutup total.


Sementara, perlintasan kereta api sebidang di Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes tersebut kerap menjadi biang antrian kendaraan terutama saat musim mudik lebaran dan hari-hari besar maupun libur.

Dihari-hari tersebut, lalu lintas biasanya padat. Sementara palang pintu sering ditutup setiap ada kereta api yang melintas.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan, dalam satu hari ada 72 kereta api yang melintasi perlintasan Kutamendala. "Saat kereta lewat, palang pintu ditutup 4 sampai 5 menit." Tuturnya.


Supriyanto menambahkan, perjalanan kereta api akan meningkat saat musim mudik lebaran yakni sebanyak 92 kereta yang melintas.

Dengan selesainya pembangunan underpass, setelah dioperasikan total, maka kendaraan tidak lagi antri saat kereta api hendak melintas sehingga akan memperlancar laju kendaraan. (*)

Pewarta: Yudhi Prasetyo