Lampu Kejut Dipasang di Titik Rawan Kecelakaan

Link Banner


Pemasangan lampu kejut juga dalam rangka penanganan arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019


Kasatlantas Polres Tegal AKP Adiel Aristo bersama instansi terkait saat melakukan pengecekkan lampu Blitz  di ruas jalur Margahayu. (Foto: Istimewa)

SLAWI - Menghadapi arus mudik libur natal 2018 dan tahun baru 2019 jajaran Satlantas Polres Tegal telah melakukan berbagai langkah, khususnya untuk keselamatan para pemudik. Langkah yang telah dilakukan antara  lain pemasangan lampu kejut atau blitz serta scotlight di sejumlah titik rawan di kabupaten Tegal. Keberadaannya Blitz dan Scotlight atau mata kucing diharapkan bisa mencegah terjadinya kecelakaan.

Salah satu titik yang dipasangi lampu Blitz yakni di jalur tengah tepatnya di ruas jalan masuk Desa Margahayu Kecamatan Margasari. Pemasangan lampu kejut dilakukan karena kondisi ruas jalan nasional itu rawan kecelakaan.

‎"Salah satu titik rawan kecelakaan di Margahayu. Karena karakteristik  jalurnya lurus panjang, tidak ada penerangan, bergelombang, dan pembatas antara jalan dengan sungai juga minim,‎" terang Kasatlantas Polres Tegal AKP Adiel Aristo‎ saat melakukan survey jalur bersama sejumlah instansi terkait.

Adiel mengungkapkan, selain di jalur tengah Margahayu, lampu kejut juga dipasang‎ di ruas jalan Tegal-Purwokerto yang masuk wilayah Kecamatan Balapulang, jalur pantura, dan jalur menuju obyek wisata pemandian air panas Guci.

"Ini salah satu upaya untuk mencegah kecelakaan. Dengan lampu kejut, blitz, bisa mengurangi ngantuk yang dialami pengemudi. ‎Jadi bisa berkonsentrasi lagi dalam mengemudi," jelas Adiel.

‎Adiel mengatakan, survey jalur rawan kecelakaan sengaja dilakukan pihaknya bersama sejumlah instansi terkait di antaranya Dinas perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Jasa Raharja, dan Satpol PP  untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan pemudik saat libur Natal dan juga Tahun Baru.

‎"Ini untuk mengantisipasi khususnya kecelakaan lalu lintas menghadapi Operasi Lilin Candi 2018. Kami bersama instansi terkait melakukan survey bersama di jalur mudik khususnya jalur rawan kecelakaan," tandasnya.

Adiel menambahkan, Satlantas Polres Tegal  telah menyiapkan‎ 21 pos pengamanan dan empat pos pelayanan yang akan didirikan di sejumlah jalur mudik selama Operasi Lilin Candi 2018. "Selain jalur non Tol, di jalur tol juga ada tiga pos pengamanan yang didirikan," pungkasnya. (*)

Pewarta: Wijayanto
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: