Liburan Murah Cukup di Tirta Husada Saja

Liburan Murah Cukup di Tirta Husada Saja

Selasa, 18 Desember 2018

Tiket cukup murah dan sehingga diminati wisatawan

Salah satu sudut kolam renang Tirta Husada Kedungoleng. (Foto: Isimewa)

PAGUYANGAN - Libur akhir tahun yang berbarengan dengan libur semester siswa sekolah dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Namun dari mereka yang ingin berwisata banyak yang mencari tempat-tempat wisata yang murah namun bisa menghibur, seperti halnya objek wisata Tirta Husada Kedungoleng Paguyangan, Kabupaten  Brebes ini.

Objek wisata yang terletak di Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes tersebut menawarkan suasana kolam renang yang hangat dan nyaman. Di Tirta Husada, terdapat kolam renang untuk dewasa, remaja dan anak-anak.

"Kami juga memiliki kamar rendam dan kamar bilas." kata koordinator daya tarik wisata Tirta Husada Kedungoleng Paguyangan, Nanang Qosim.

Kamar rendam yang ada tersebut biasa digunakan untuk relaksasi dan terapi kesehatan seperti kudis, kurap, dan gatal-gatal.

Tarif yang murah dan  terjangkau membuat daya tarik tersediri bagi wisatawan. Mereka tidak hanya berasa dari sekitar Paguyangan maupun Kabupaten Brebes wilayah selatan saja tetapi wisatawan juga ada yang berasa dari luar Kabupaten seperti Banyumas dan Cilacap.

Untuk menjangkau Tirta Husada tidaklah sulit. Jika wisatawan datang dari arah Selatan maupun Purwokerto maka wisatawan bisa berbelok ke kiri di pertigaan masjid Paguyangan. Ikuti saja jalan tersebut dan dipertigaan Kedungoleng atau jika ada papan nama Tirta Husada masuk saja. Hanya beberapa meter lokasi wisata pemandian air panas ada.

Begitu pula jika wisatawan datang dari arah  utara atau Tegal. Setelah melewati Kota Bumiayu, di pertigaan Masjid Paguyangan berbelok saja ke masuk ke pertigaan tersebut dan sampai menemukan papan Tirta Husada Keedungoleng.

Wisata dengan air hangat alami ini selalu ramai dikunjungi wisatawan khususnya pada hari libur. Pada hari-hari basa juga banyak wisatawan yang mampir menikmati segarnya air hangat di Tirta Husada Kedungoleng terutama pada sore hari.

Cipanas Buaran

Selain Tirta Husada Kedungoleng, di Brebes Selatan juga memiliki satu objek wisata pemandian air panas lagi. Nama objek wisata tersebut yakni Cipanas Buaran. Dinamakan Cipanas Buaran karena terletak di dukuh Buaran Desa Pangebatan, Kecamatan Banarkaawung, Brebes.

Di tempat wisata tersebut selain memiliki kolam renang juga terdapat kamar mandi yang memiliki tingkat suhu yang berbeda ditiap kamarnya. Wisatawan juga bisa menikmati segarnya suasana hutan pinus yang ada diatas kolam renang sambil berjalan di joging  track yang ada.

Tidak perlu mahal untuk masuk ke dalam objek wisata yang satu ini karena pengelola menerapkan tarif yang sangat murah bagi wisatawan yang masuk ke objek wisata milik pemerintah Kabupaten Brebes tersebut. (*)
                                                         
Pewarta: Yudhi Prasetyo