Pelaku Pembobol ATM Rumah Sakit Siti Aminah Bumiayu Ditangkap

Pelaku Pembobol ATM Rumah Sakit Siti Aminah Bumiayu Ditangkap

Kamis, 13 Desember 2018

Dalam aksinya pelaku mengantongi uang puluhan juta dari rekening para korbanya

Pelaku pembobol ATM di kawasan Brebes dan beberapa daerah lainya. (Foto: Tri H/PortalPantura)

BREBES - Kawanan sindikat pembobol Anjunan Tunai Mandiri (ATM) di Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu dan berbagai lokasi lainya ditangkap ditempat persembunyianya di sebuah hotel di kawasan Cikarang, Jawa Barat oleh tim Reserse Mobil Polres Brebes.

Mereka yang ditangkap yakni Darmawan (40) warga Subang, Jawa Barat; Ahmadi (39) warga Palembang, Sumatera Selatan; dan Hermansyah (41) warga Bekasi, Jawa Barat. Saat ditangkap dua pelaku berusaha melarikan diri sehingga polisi terpaksa menembak mereka.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono, melalui Wakapolres, Kompol M. Faisal Perdana mengatakan, sebelum dilakukan penangkapan, polisi melakukan pengintaian terlebih dahulu terhadap pelaku.

"Pelaku telah beraksi lebih dari 50 kali di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Lampung." Kata Faisal.

Dalam aksinya, kawanan tersebut berhasil mendapatkan puluhan juta dari rekening korban. Terakhir pelaku melakukan aksinya di ATM dekat Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu.

"Jadi, modus para pelaku melakukan pembobolan dengan memasukkan tusuk gigi ke dalam lubang kartu di sebuah mesin ATM. Pengakuan mereka (pelaku) sudah melakukan aksinya di 50 lokasi berbeda," ucap M. Faisal di Mapolres Brebes.

Faisal menambahkan, pelaku membuat seolah-olah kartu ATM korban tertelan mesin. Saat korban panik karena ATM nya tertelan, pelaku berpura-pura menolong korban.

Saat beraksi, satu pelaku bertugas mengawasi keadaan dari luar, satu pelaku lainya memasang perangkap, dan satu lagi memperhatikan pin milik korban. "Agus alias kyai ini memiliki keahlian korban bisa menghafal pin korban hanya dengan melihat gerakan jari saja." Tutur Faizal.

Pelaku kemudian memberikan ATM palsu kepada korban. Setelah korban pergi, pelaku kemudian mengambil ATM milik korban yang masih tertinggal di mesin dengan menggunakan gergaji besi dan menguras habis saldo milik korbanya.

Dari aksinya tersebut, pelaku berhasil mengantongi uang sebesar Rp80 juta yang dilakukan di daerah Bumiayu. Pelaku juga beraksi di gerai ATM Indomaret di Desa Kluwut Bulakamba dengan hasil Rp20 juta. Kemudian, di Indomaret Alun-Alun Brebes dengan hasil Rp40 juta. Sementara  di Alfamart Brebes Kota dengan hasil Rp 10 juta, Alfamart Brebes Kota Rp 5 juta, dan Alfamart Pejagan Tanjung Rp 20 juta.

Atas perbuatan pelaku, pelaku dikenakan pasal 363 tentan pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara. (*)

Pewarta: Tri H