Perangkat Desa Harus Membantu Tugas Kades

Link Banner


Perangkat desa juga dituntut loyalitasnya dan mampu bekerja sama dengan baik terutama dengan kepala desa

Kepala Desa Adisana Komarudin mengambil sumpah dan melantik perangkat desanya. (Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura)

BUMIAYU - Susuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tufoksi), perangkat desa harus mau membantu tugas-tugas kepala desa, apalagi seperti sekarang ini setalah adanya Dana Desa tugas Kepala Desa semakin berat.

"Perangkat desa juga harus loyal dan berintegritas." Kata Kepala Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Brebes Komarudin SPdI MSi dalam sambutanya pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Dusun IV desa setempat, Jum'at (21/12/2018) di kantor desa setempat.

Perangkat Desa yang dilantik yakni M Apipudin menjabat sebagai Kepala Dusun IV yang membawahi RW 05 dan RW 06 Desa Adisana.

Komar berharap kepada perangkat desa yang baru dilantiknya agar secepatnya bisa beradaptasi dengan tempat kerjanya serta mampu bekerja sama dengan baik terutama dengan kepala desa.

"Mudah-mudahan dengan terisinya jabatan Kadus IV bisa membawa manfaat bagi masyarakat setempat." Ucap Komar.

Camat Bumiayu Drs Apriyanto Sudarmoko mengucapkan selamat kepada perangkat desa yang telah dilantik dan berpesan untuk selalu menjaga sumpah jabatanya.

"Seleksi perangkat desa kali ini bekerja sama dengan pihak ke 3." Kata Apriyanto. Dalam hal ini perguruan tinggi Universitas Peradaban.

Kerjasama tes seleksi dengan perguruan tinggi dimaksudkan agar menghasilkan perangkat desa yang memiliki nilai lebih.

"Kami akan pantau apakan memberi pengaruh kepada rekan-rekanya atau tidak." Ujar Apriyanto.

Sementara Ketua Panitia Seleksi penjaringan perangkat Desa Adisana Ahmad Yasin menuturkan, setelah dirinya ditetapkan sebagai panitia, ia langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pengeras suara maupun famplet-famplet.

"Sosialisasi ditujukan untuk warga RW 05 dan RW 06."Kata Yasin.

Dalam proses pendaftaran ada dua orang yang mendaftar. Setelah proses administrasi pendaftar tersebut diajukan untuk ditetapkan sebagai calon perangkat desa. 

Calon perangkat desa kemudian diseleksi oleh pihak ke 3 untuk menjaga independensi dan kualitas seleksi.

Dari dua orang yang mengikuti tes seleksi kemudian terpilih M Apipudin untuk mengisi jabatan Kadus IV karena memiliki hasil nilai tertinggi. (*)

Pewarta: Yudhi Prasetyo
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: