SMK Muhammadiyah 1 Sirampog Manfaatkan Teknologi Android

Link Banner



Android dimanfaatkan untuk mengerjakan soal ujian bagi peserta didik SMK Muhammadiyah Satu Sirampog

Salah seorang staff SMK Musasi menunjukan aplikasi berbasis android yang dikembangkan sekolahnya. (Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura)


SIRAMPOG – Perkembangan teknologi smartphone berbasis android tidak hanya untuk melakukan komunikasi nirkabel saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pekerjaan maupun hiburan.

Seperti SMK Muhamadiyah 1 Simampog (Musasi) ini, sekolah yang terletak di Jalan Raya Sirampog ini memanfaatkan teknologi smartphone berbasis android untuk kepentingan pendidikan. Salah satu pemanfaanya dibuktikan dengan menjalankan ujian akhir semester.

Dalam ujian tersebut, siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian tidak dengan menggunakan kertas maupun komputer, tetapi menggunakan smartphone android.  

Kepala SMK Musasi Yogi Anano mengatakan, penerapan teknologi smartphone android untuk ujian semester baru dilakukan tahun ini. “Sistem ini baru pertama kali kami terapkan.” Kata Yogi.

Ujian berbasis android ini tidak jauh beda dengan ujian konvensional. Yang membedakan hanyalah menggunakan media smartphone berbasis android. Sebelum mengerjakan ujian, siswa harus terhubung terlebih dahulu ke server sekolah menggunakan jaringan internet.

“Siswa harus menggunakan kata sandi agar bisa mengerjakan soal.” Tutur Yogi. Cara ini, menurutnya, lebih efesien dan praktis karena tidak perlu menggunakan kertas dan pensil.

Dalam sistem ujian berbasis android ini, siswa tidak bisa mencontek dengan siswa lainya, karena setiap siswa memiliki soal yang berbeda.

Meskipun dalam melaksanakan ujian menggunakan smartphone berbasis android, namun sekolah juga menyediakan ujian berbasis komputer bagi siswa yang tidak memiliki smartphone.

Dalam pelaksanaan ujian akhir semester tersebut siswa yang mengerjakan soal melalui smartphone android berjumlah 343 siswa, sementara siswa yang mengerjakan ujian menggunakan komputer sebanyak 75 siswa. (*)


Pewarta: Yudhi Prasetyo
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: