Underpass Karang Sawah Mulai Diuji Coba

Underpass Karang Sawah Mulai Diuji Coba

Selasa, 04 Desember 2018

Uji coba dilakukan selama 7 hari untuk mengetahui perilaku pengendara dan aspek-aspek lainya seperti rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya

Pemoongan pita diakukan sebagai tanda dimulainya uji coba underpass Karang Sawah. (Foto: Yudhi Praseyo/PoralPantura).


TONJONG - Underpass Karang Sawah diujicoba menyusul telah selesainya pembangunan underpass yang berada di jalur utama Tegal-Purwokerto tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karang Sawah Direktoran Jendral (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Alik Mustakim mengatakan, uji coba dilakukan selama 7 hari. "Uji coba dilaksanakan selama tujuh hari ini untuk melihat kesiapan sebelum beroperasional secara resmi." Katanya.

Selama masa uji coba tersebut akan dilihat beberapa aspek termasuk marka jalan maupun rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, perilaku pengendara yang melintas di jalur bawah tanah rel kereta api di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes tersebut juga diperhatikan.

Pembangunan underpass Karang Sawah yang memiliki panjang 850 meter tersebut menelan anggaran sebesar Rp87 miliar. Dana yang digunakan untuk pembangunan tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Panjangnya pengerjaan yang dilakukan karena tidak hanya membangun underpass tetapi juga membangun duplikat jembatan Kali Pedes di sisi jembatan lama. "Namun untuk pembangunan underpass sendiri hanya sepanjang 46 meter dengan ketinggian 5,3 meter." Imbuh Alik.

Jembatan baru yang berada di sebelah selatan underpass akan dilalui kendaraan dari arah utara, sementara jembatan lama diperuntukan untuk kendaraan dari arah selatan.

"Diharapkan dengan difungsikanya underpass Karang Sawah ini bisa bermanfaat bagi pengguna jalan dan memperlancar arus kendaraan yang semula melintas di perlinasan sebidang rel kereta api." Pungkas Alik (*)

Pewarta : Yudhi Prasetyo