Belajar BUMDes, Cenang Sambangi Kaligiri

Link Banner


Sirampog, PortalPantura.com -- Kepala Desa Cenang, Kecamatan Songgom, Brebes beserta rombongan mendatangi desa Kaligiri Kecamatan Sirampog, Brebes untuk melakukan studi banding mengenai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Suasana studi banding di aula balai desa Kaligiri. (Foto: Yudhi Prasetyo)

Rombongan yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, manajer BUMDes, KPMD, dan pendamping desa tersebut diterima kepala desa Kaligiri Rosidin beserta perangkat desa Kaligiri lainya.

Kepala Desa Kaligiri Rosidin mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Desa Cenang yang jauh-jauh mendatangi desanya untuk melakukan studi banding mengenai BUMDes.

"Selamat datang di desa kami, mudah-mudahan apa yang baik di Kaligiri bisa ditiru." Kata Rosidin.

Ia mengatakan, BUMDes desanya berdiri pada tahun 2016 lalu. Sebelum beroperasi dibangun fisik atau tempat untuk kegiatan BUMDes yang berada di depan Balai Desa setempat. Setelah jadi baru dijalankan usaha berupa minimarket.

"Minimarket ini menjual kebutuhan-kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan pertanian." Ungkap Rosidin.

Minimarket yang dijalankan BUMDes kini menjadi tempat kulakan warung-warung kecil di Kaligiri dan sekitarnya karena harga yang ditawarkan relatif lebih rendah dibanding dengan toko lainya.

Selain menyediakan segala kebutuhan masyarakat, BUMDes Kaligiri juga bekerjasama dengan bank pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan seperti menerima dan transfer uang.

Sementara Sekretaris Desa Kaligiri Karsono menuturkan, tahap awal pembentukan BUMDes yakni dengan membangun fisik atau gedung minimarket yang terletak di depan balai desa pada tahun 2016. "Pembangunan gedung minimarket dianggarkan sebesar Rp170 juta." Tuturnya.

Pada tahun berikutnya, desa menganggarkan Rp120 juta untuk modal usaha BUMDes yang diantaranya untuk membeli prasarana dan sarana serta barang dagangan.

Pada tahun 2018, desa juga mengucurkan dana lagi sebesar Rp70 juta untuk memperkuat struktur modal BUMDes.

Sementara Kepala Desa Cenang Imam Rifai mengaku, keinginan untuk studi bandinding BUMDes ke Desa Kaligiri telah direncanakan satu tahun yang lalu.

"Kami berencana mambangun BUMDes yang baik demi kesejahteraan warga kami. Untuk itu, kami perlu belajar kepada BUMDes yang telah berjalan seperti BUMDes Desa Kaligiri ini." Kata Imam.***


(Yud)
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: