Jembatan Antar Desa Diusulkan Dalam Musrenbangdes Purwodadi Tonjong

Jembatan Antar Desa Diusulkan Dalam Musrenbangdes Purwodadi Tonjong

Senin, 07 Januari 2019

Musrenbangdes untuk menghimpun usulan-usulan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020

Suasana Musrenbangdes Purwodadi Tonjong. (Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura)

TONJONG - Pemerintah Desa Purwodadi Kecamatan Tonjong Brebes menggelar Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2020 di kantor kepala desa setempat, Senin (7/1/2019).

"Hasil Musrenbangdes ini akan dibawa ke Musrenbangcam." Kata Kepala Desa Purwodadi Rahmat Santoso.

Rahmat menambahkan, pembangunan yang dilakukan di desanya berbasis pada masysrakat. Sehingga pembangunan yang dilaksanakan berdasarkan usulan masyarakat melalui musyawarah.

"Pada kegiatan Musrenbang maupub musdes kami selalu mengundang perwakilan masyarakat." Kata Rahmat.

Meskipun masyarakat bisa mengusulkan rencana pembangunan, namun dari usulam tersebut dipilah mana yang menjadi skala prioritas.

Rahmat juga meminta kepada masyarakat untuk bersabar karena dana yang ada terbatas sehingga tidak semua usulan dilaksanakan. Namun, usulan tersebut akan dilakukan pada tahun anggaran berikutnya berdasarkan sekala prioritas.

Sekretaris Camat Tonjong mengatakan, Musrenbangdes merupakan musyawarah tingkat desa yang akan dibawa oleh perwakilam desa pada Musrenbang kecamatan.

"Usulan pembangunan sendiri mengacu pada skala prioritas pembangunan yang sekiranya tidak bisa dibiayai oleh APBDes." Kata Sekcam.

Sementara dalam Musrenbangdes Desa Purwodadi tersebut diusulkan tiga usulan yakni pembangunan jembatan penghubung Dukuh Petengteng dengan Desa Tanggeran.

Usulan pembangunan lainya yakni pembangunan drainase sepanjang jalan Purwodadi dan peningkatan jalan Pesanggrahan-Negarayu. (*)

Pewarta: Yudhi Prasetyo