Pengelolaan Sampah Jadi Usulan Musrenbangdes Kalijurang

Pengelolaan Sampah Jadi Usulan Musrenbangdes Kalijurang

Senin, 14 Januari 2019

Tonjong, PortalPantura.com -- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Kalijurang Kecamatan Tonjong yang digelar pada Senin (14/1/2019) menghasilkan tiga kesepakatan rencana pembangunan yang akan diusulkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam).

Suasana Musrenbangdes Kalijurang. (Foto: Yudhi Prasetyo)

Dalam musyawarah yang dipimpin oleh Ketua BPD desa setempat Nuridin menghasilkan kesepakatan rencana pembangunan tahun 2020 seperti pembangunan jalan poros Laranganyar-Talok, Pengelolaan sampah, dan peningkatan jalan Kaligadung-Dukuh Mingkrik.

"Tadi banyak sekali usulan yang disampaikam warga." Kata Nuridin. Namun karena aturanya membatasi usulan rencana pembangunan, akhirnya disepakati tiga prioritas pembangunan untuk tahun 2020.

Sementara Kepala Desa Kalijurang Tarsun mengatakan, Musrenbangdes berbeda dengan Musdes." Katanya.

Tasrun menambahkan, untuk Musrenbangdes menjaring aspirasi masyarakat atau usulan-usulan pembangunan yang tidak didanai APBDes seperti pembangunan yang berasal dari APBD I, APBD II, APBN, Bantuan Keuangan, maupun sumber-sumber lainya.

Pria humoris tersebut juga mengatakan, peran serta masyarakat dalam perencanaan pembangunan diharapkan menjadikan desa semakin maju dan memiliki rasa saling memiliki.***

(Yud)