Tuntut Perangkat Desanya Mundur, Warga Segel Balai Desa Hingga Blokade Jalan Pantura

Tuntut Perangkat Desanya Mundur, Warga Segel Balai Desa Hingga Blokade Jalan Pantura

Selasa, 15 Januari 2019

Brebes, PortalPantura.com -- Ratusan warga Sigetong, Kecamatan Wanasari, Brebes berunjuk rasa di balai desa setempat, Selasa (15/1/2019). Dalam aksinya mereka menuntut transparasi penggunaan dana desa.


Dalam aksi yang dimulai pukul  14.00 WIB tersebut, warga sempat menyegel pintu utama balai desa menggunakan bambu.

Pengujukrasa menuntut salah seorang perangkat desa mereka bernama Rohisun yang menjabat bendahara dana desa mundur dari jabatanya.

"Ini puncak kekesalan warga, karena sudah tiga kali kami ke sini namun tidak ada titik temu." Kata  Koordinator aksi Nur Sidik.

Ia menuturkan, warga mempertanyakan pengelolaan dana desa terkait proyek pembangunan jalan desa yang tidak transparan.

Warga juga sempat adu dorong dengan  polisi saat warga merangsak hendak masuk ke dalam balai  desa untuk mencari  keberadaan bendahara dana desa Rosihun, namun Rosihun rupanya telah diamankan dengan  dibawa ke kantor bupati Brebes.

Setelah berunjukrasa di balai desa, massa merangsak ke kantor Bupati Brebes. Sesampainya disana, massa tidak bisa masuk ke kantor bupati karena  pintu depan ditutup oleh aparat keamanan.

Meskipun tidak diperbolehkan masuk, namun ibu-ibu yang ikut berunjukrasa memaksa masuk dengan menggoyang-goyangkaan pagar kantor bupati.

Massa pengunjukrasa juga sempat memblokade jalan didepan kantor bupati namun hanya berlangsung selama lima menit.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Kepala Bagian Pemerintahan Desa Aris Laode Vindar, massa kemudian membubarkan diri.

"Yang bersangkutan (Rohisun) sedang dalam pemeriksaan tim inspektorat." Kata Aris. Pemeriksaan tersebut terkait dugaan penyelewengan dana desa dan beberapa persoalan pelayanan desa lainya.

Sementara, Rohisun membantah tudingan yang dialamatkan kepada dirinya tersebut.

"Semua urusan terkait pengelolaan dana desa ada arsip catatanya." Tuturnya.

Terkait permintaan mundur warga, rohisun mengaku belum siap. Iapun berjanji akan memperbaiki apa yang menjadi kekuranganya.***


(Tri H)