Volume Sampah di Brebes Meningkat 25 Persen

Volume Sampah di Brebes Meningkat 25 Persen

Rabu, 02 Januari 2019

Peningkatan volume sampah terjadi saat libur Natal dan Tahun Baru 2019

Sampah masih menumpuk di Parin usai perayaan tahun baru 2019. (Foto: Ripto)

BREBES - Selama libur Natal dan Tahun Baru 2019 volume sampah di Brebes meningkat 25 persen dari rata-rata volume sampah harian.

Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes mencatat rata-rata volume sampah harian mencapai 76 ton, namun pada saat liburan Natal dan Tahun Baru 2019 volume sampah meningkat menjadi 95 ton.

"Ini artinya ada peningkatan volume sebanyak 19 ton atau setara 25 persen rata-rata volume harian." Kata Kepala DLHPS Kabupaten Brebes Edi Kusmantoro, Rabu (3/1/2019).

Edi menambahkan, peningkatan volume tidak signifikan dan peningkatan volume berasal dari objek-objek wisata.

"Sudah ditangani dan telah diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)." Imbuh Edi.

Dari pantauan dilapangan menyebutkan, di beberapa objek wisata masih terdapat tumpukan sampah di beberapa titik, bahkan ada sampah yang masih dibiarkan berserakan.

Sampah Masih Menumpuk di Beberapa Titik

Karsiman, salah seorang pedagang yang biasa berjualan di Pantai Randusanga Indah (Parin) Brebes menuturkan, usai perayaan tahun baru banyak sekali sampah yang berserakan di kawasan tersebut. Pedagang secara swadaya mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan tersebut, namun upaya pengangkutan oleh petugas ke TPA belum maksimal.

"Sudah kami kumpulkan, namun belum semua sampah diangkut." Tutur Karisman. (*)

Pewarta: Ripto