1363 Disabilitas Terdaftar Sebagai Pemilih Pemilu 2019

Header Menu

1363 Disabilitas Terdaftar Sebagai Pemilih Pemilu 2019

Senin, 25 Februari 2019

Bumiayu, PortalPantura.com -- Sebanyak 1.363 penyandang disabilitas di Kabupaten Brebes terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu 2019. Mereka akan menentukan pilihanya pada 17 April di tempat pemungutan suara dimana mereka terdaftar.

Komisioner KPU memperagakan kertas suara yang akan digunakan pada pemilu 2019. (Foto: Yudhi Prasetyo)

Komisioner KPU Brebes divisi teknis pemilihan Ita Setisningsih usai menggelar Pendidikan Pemilih Melalui Tatap Muka Pemilih Pemula Perempuan dan Disabilitas mengatakan, pemilih penyandang disabilitas yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap antara lain, penyandang tuna daksa sebanyak 357 orang, tuna netra 424 orang, tuna wicara 288, tuna grahita 135 orang, dan disabilitas lainya 159 orang.

"Untuk pemilih disabilitasn ini boleh didampingi saat pencoblosan." Kata Eti. Dalam pendampingan,  bisa dilakukan oleh keluarga terdekat atau orang yang dipercaya untuk mendampinginya. Sebelum melakukan pendampingan, pendamping harus mengisi formulir C3 yang telah disediakan di TPS.

Sementara untuk disabilitas tuna netra disediakan kertas suara braile. Namun, kertas suara braile ini tidak semua, hanya kertas suara calon presiden dan dewan perwakilan daerah saja. Untuk kertas suara dpr, dprd 1, dan dprd 2 tetap sama.

Komisioner KPU divisi hukum Ahmad Nizam Baequni mengatakan, pendidikan pemlih bagi penyandang disabilitas yang di pendopo eks Kawedanan tersebut untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019.

"Peserta merupakan penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Brebes wilayah selatan." Kata Nizam.***


(Yud)