Konsumsi Ikan di Brebes Masih Rendah

Header Menu

Konsumsi Ikan di Brebes Masih Rendah

Rabu, 27 Februari 2019

Bumiayu, PortalPantura.com -- Meskipun Kabupaten Brebes kaya akan potensi ikan namun konsumi ikan bagi warganya masih rendah.

Salah satu grup peserta senam germani sedang tampil dihadapan juri. (Foto: Yudhi Prasetyo)

"Di Kabupaten Brebes konsumsi ikan masih rendah yaitu hanya 20 kilogram per kapita per tahun." Kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Gatot Rudiono saat dimintai keterangan oleh awak media disela-sela Lomba Senam Gemari, Rabu (27/2/2019) di Pendopo eks Kawedanan Bumiayu.

Gatot menuturkan, meskipun potensi perikanan di Kabupaten Brebes besar, baik itu ikan laut maupun ikan air tawar, namu konsumsi warga baru 50 persen dibawah angka konsumsi nasional. Untuk konsumsi nasional sendiri sebesar 40 kilogram per kapita per tahun.

Berbagai upaya dilakukan agar konsumsi ikan masyarakat Brebes terus meningkat, salah satunya dengan mengenalkan dan menggalakan makan ikan kepada anak-anak.

Untuk menanamkan gemar makan ikan pada anak-anak salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan menggelar lomba Senam Gemari.

Dalam event lomba senam gemari, menjadi ajang untuk menggalakan makan ikan. Dalam event tersebut, juga digelar bazar ikan murah.

Salah satu grup peserta senam germani sedang tampil dihadapan juri. (Foto: Yudhi Prasetyo)

Sementara, dalam event lomba senam gemari diikuti oleh 26 peserta dari Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kabupaten Brebes wilayah selatan yang meliputi Kecamatan Tonjong, Sirampog, Bumiayu, Paguyangan, Bantarkawung, dan Salem.

Keluar sebagai juara pertama TK Al Hikmah 2 Sirampog, Sedangkan untuk juara 2 diraih oleh TK Nurul Huda, dan juara 3 diraih oleh Tk Permata Bunda.

Dalam ajang tersebut keluar sebagai juara favorite adalahtk masithoh, sedangkan juara katagori kontum terbaik tk Kaligiri, dan  juara kreatifitas terbaik adalah tk aba Kalierang.***


(Yud)