KPU Gost to School di SMAN 1 Sirampog

KPU Gost to School di SMAN 1 Sirampog

Senin, 18 Februari 2019

Sirampog, PortalPantura.com -- Untuk meningkatkan partisipasi dalam memilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes terus melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk kepada pemilih pemula.

Suasana KPU Gost to school di aula SMAN 1 Sirampog. (Foto: Yudhi Prasetyo)

Untuk melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, KPU Brebes memiliki program KPU Gost to School.

Dalam kegiatan tersebut, KPU menyampaikan tata cara melipat surat suara yang akan dicoblos.

KPU juga menyampaikan kepada siswa apa perbedaan antara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

"Kalau DPD itu calon perorangan, sementara DPR itu diajukan oleh partai politik." Kata Komisioner KPU Brebes Ahmad Nizam Baiquni dihadapan siswa SMA Negeri 1 Sirampog, Senin (18/2/2019).

Ia menambahkan, Calon anggota DPR diajukan oleh partai politik ke KPU, sedangkan pencalonan anggota DPD harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Anggota DPD itu memiliki sistem berdistrik." Tutur Ahmad. Menurutnya, setiap provinsi memiliki empat anggota DPD, jumlah ini tidak tergantung pada jumlah penduduk seperti pada DPR.

Kepala SMA Negeri 1 Sirampog (Smansi) Yuniarso Amirudin mengatakan, kegiatan sosialisasi pemilu kepada siswanya merupakan hal yang positif.

"Pemilih pemula memiliki emosi yang labil dan kuat." Kata Yuniar.

Pemilih pemula merupakan pemilih yang belum berpengalaman karena belum pernah mengikuti pemilu sehingga bisa bingung dalam memilih.

Pemilih pemula juga bisa menjadi sasaran empuk politik transaksional sehingga pemilih pemula merupakan pemilih yang rawan.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan bisa mendapat informasi tentang pemilu langsung dari sumbernya." Tutur Yuniar.*


(Yud)