Peran Serta Masyarakat Diperlukan Untuk Antisipasi Semakin Meluasnya Penyebaran DBD

Link Banner


Bumiayu, PortalPantura.com -- Merebaknya Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di wilayah Pantai Utara (Pantura) Brebes dan sekitarnya perlu adanya penanganan dan pencegahan agar penyakit tersebut tidak semakin meluas.

Siswa SMPN 1 Jatibarang, Brebes menunjukan jentik nyamuk yang didapatnya di sekolah mereka. (Foto: Dok. PortalPantura.com)

"DBD itu kan muncul paling banyak pada musim penghujan seperti sekarang ini." Kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Gunadi, Kamis (7/2/2019) disela-sela acara Sosialisasi Program Ksehatan pada Kader Posyandu dan Dukun Bayi di Dyanti Room Hotel Anggraeni Bumiayu.

Gunadi menambahkan, jika menemukan anak yang mengalami sakit panas harus segera ditangani meskipun belum tentu gejala DBD. Penanganan yang cepat dan tepat, menurutnya, akan semakin baik dalam rangka menekan angka pesakitan karena DBD.

Untuk mencegah DBD semakin meluas, peran serta seluruh lapisan masyarakat terus di dorong. "Pemberantasan sarang nyamuk seminggu dua kali harus kita galakan." Kata Gunandi.

Ia juga mengungkapkan, bupati Brebes telah mengeluarkan surat edaran yang intinya setiap unsur masyarakat harus berperan dalam pencegahan DBD.

"Anak-anak disekolah juga dihimbau memakai celana panjang, sedangkan dirumah, ditempat tidur, menggunakan kelambu." Tutur Gunandi.***


(Yud)
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: