TKI Ilegal Masih Jadi Persoalan

Link Banner


Bumiayu, PortalPantura.com -- Permasalahan ketenagakerjaan sampai dengan saat ini masih terus terjadi. Dari permasalahan yang ada itu yang banyak jadi persoalan adalah TKI ilegal.


"Masalah berikutnya adalah asuransi." Kata anggota DPR RI dari komisi IX Dewi Aryani, Selasa (19/2/2019) usai menghadiri Sosialisasi penempatan dan perlindungan pekerja migran indonesia yang diselenggarakan oleh BNP2TKI Semarang di Pendopo eks Kawedanan Bumiayu.

Dewi mengatakan, karena mereka berangkat dengan cara ilegal maka mereka tidak mendapat perlindungan maksimal. Tenaga migran ilegal bahkan tidak mendapat perlindungan asuransi.

"Yang ilegal tersebut ijinya tidak resmi, jadi mereka tidak terdaftar di Komjen maupun Kedubes." Ucap Dewi.

Politisi PDI Perjuangan tersebut mengungkapkan, untuk melindungi tenaga migran, DPR RI telah membuat undang-undang tentang ketengakerjaan.

"Dalam undang-undang tersebut diatur tentang tenaga migran termasuk cara perekrutanya." Lanjut Dewi.

Ia menuturkan, dulu sebelum adanya undang-undang ketenagakerjaan setiap orang dengan mudah membuat PJTKI. PJTKI tersebut hanya menyalurkan orang saja.

Setelah ada undang-undang ketenagakerjaan, PJTKI tidak bisa seenaknya sendiri. Mereka harus melaporkan siapa yang menjadi mitra kerjanya di luar negeri dan kemana TKI akan disalurkan.

Pemerintah daerah juga diminta memverifikasi PJTKI yang ada di wilayahnya serta mensosialisasikan tentang ketenagakerjaan melalui pemerintahan yang ada di bawahnya***


(Yud)
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: