Wakil Ketua DPRD Brebes Sudono: Kades Jangan Bingung Gunakan Dana Desa

Wakil Ketua DPRD Brebes Sudono: Kades Jangan Bingung Gunakan Dana Desa

Kamis, 14 Februari 2019

Bantarkawung, PortalPantura.com -- Kepala Desa diharapkan tidak bingung dalam menggunakan dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat setiap tahunya dengan nilai yang tidak sedikit.

Suasana Musrenbang tingkat Kecamatan Bantarkawung, Kamis (14/2/2019). (Foto: Yudhi Prasetyo)
"Dana desa tidak melulu untuk membangun infrastruktur saja tetapi juga bisa untuk pemberdayaan serta mengembangkan BUMDes." Kata Wakil Ketua DPRD Brebes Sudono SH usai mengahadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bantarkawung, Kamis (14/2/2019).

Dikatakanya, dulu banyak desa yang mengusulkan jalan poros ditingkatkan menjadi jalan kabupaten, namun setelah status jalan ditingkatkan banyak kepala desa yang bingung untuk apa dana desa digunakan.

Sebenarnya, lanjut Dono, banyak sekali potensi-potensi yang bisa digali oleh desa. "Tapi itu tergantung desanya bisa tidak melihat potensi tersebut." Ucap Dono.

Sebelumnya, beberapa kepala desa di Kecamatan Bantarkawung mengeluhkan jalan poros yang rusak. Kondisi tersebut menghambat perekonomian warga. Selain itu, ongkos transportasi juga menjadi mahal.

"Jalan rusak mengakibatkan ongkos transportasi mahal sehingga memberatkan warga desa." Keluh Kepala Desa Cibentang Nafsin.

Menanggapi keluhan kepala desa, Ketua DPRD Kabupaten Brebes H Illiya Amin mengaku bahwa jalan poros yang rusak secara bertahap akan diperbaiki.

"Kami di DPRD mengawal dan mendorong pemerintah untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak." Kata Illiya.

Ia menambahkan, aspirasi rakyat, termasuk pembangunan jalan rusak, akan terus dikawalnya.***



(Yud)