Dukung UMKM: Pertamina MOR IV Sosialisasikan Program Kemitraan

Dukung UMKM: Pertamina MOR IV Sosialisasikan Program Kemitraan

Rabu, 27 Maret 2019

Sales Executive LPG Pertmina MOR IV Karesidenan Banyumas, Deny Hamdani, saat memberikan penjelasan tentang penggunaan LPG dan Program kemitraan PT Pertamina (Persero)  kepada warga di aula kelurahan Slerok Kota Tegal,  Rabu (27/03/2019) siang. Foto: Wijayanto/PortalPantura.com.

PortalPantura.com,  Tegal – Sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN PER-02/MBU/7/2017 tanggal 5 Juli 2017 mengenai Program PKBL BUMN, PT Pertamina (Persero) MOR IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta memberikan sosialisasi mengenai Program Kemitraan kepada warga Kelurahan Slerok, Tegal Timur, Kota Tegal pada Rabu (27/3). Sosialisasi yang disampaikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar lebih produktif, tangguh, dan mandiri.

“Melalui Program Kemitraan, masyarakat yang memiliki usaha mikro,kecil dan menengah dapat mengajukan permodalan dengan biaya jasa sebesar 3% pertahun saldo menurun tiap tahunnya” ungkap Andar Titi Lestari Unit Manager Communication and CSR PT Pertamina MOR IV. Ia menambahkan bahwa para pelaku UMKM juga akan diberikan fasilitas pelatihan dan pembinaan serta kesempatan untuk mengikuti pameran dalam dan luar negeri. Dana yang disalurkan adalah dana bergulir yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil di delapan sektor usaha yaitu sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan usaha jasa.

Program Kemitraan Pertamina menjadi salah satu solusi bagi para pelaku UMKM yang kesulitan mendapatkan permodalan dari Bank. “Program Kemitraan diamanahkan oleh Pemerintah kepada para BUMN seperti Pertamina untuk membantu para pelaku UMKM yang memang non-bankable, dengan  pengajuan maksimal hingga 200 juta”, tambah Andar.

Terdapat beberapa syarat bagi para pelaku usaha UMKM untuk bisa menerima program PKBL Pertamina. "Badan Usaha atau Perseorangan memiliki aset bersih maksimal 500 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan, omzet usaha tidak lebih dari Rp 2,5 miliar dan kegiatan usahanya sudah berjalan setidaknya selama setahun dan berdiri sendiri.” Jelas Andar. “Jika masyarakat ingin bergabung menjadi mitra binaan Pertamina, maka mereka harus mengisi formulir dan melengkapinya. Kemudian formulir tersebut dikirimkan ke alamat kantor kami di Semarang, yaitu PT Pertamina (Persero) MOR IV, Jl. Pemuda no 114 Semarang, Up. Fungsi Comm and CSR MOR IV” Tambahnya.

Pada tahun 2018, PT Pertamina (Persero) MOR IV menyalurkan dana kemitraan lebih dari Rp 15 milyar kepada 321 mitra binaan yang tersebut di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. “Kami berharap para pelaku UMKM yang berada di wilayah Kota Tegal khususnya Kelurahan Slerok ini bisa menjadi mitra kami dengan mendapatkan permodalan dari Program Kemitraan Pertamina”, tutup Imam.


(Wijayanto)