Jelang Pemilu Polres Tegal Gelar Simulasi Sispamkota

Header Menu

Jelang Pemilu Polres Tegal Gelar Simulasi Sispamkota

Selasa, 05 Maret 2019

Slawi, PortalPantura.com -- Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar Polres Tegal Jawa Tengah, Selasa (5/3/2019) siang berlangsung seru. Simulasi yang melibatkan 350 personil Personil Polres Tegal tersebut diwarnai semprotan kendaraan taktis Water Canon dan tembakan gas air mata.

Suasana simulasi Sispamkot. (Foto: Wijayanto)

Dalam kegiatan yang digelar di depan Kantor Pemkab Tegal itu digambarkan terjadinya demo ratusan massa yang tidak puas dengan hasil Pemilu Presiden 2019 di kantor KPU Kabupaten Tegal.  Massa pendemo menuntut dilakukan pemilihan ulang karena dinilai ada kecurangan.

Massa memaksa masuk ke kantor KPU yang dijaga pagar betis Polisi. Aksi massa memanas setelah upaya negosiasi yang dilakukan sejumlah Polwan menemui kebuntuan. Kericuhan pun pecah. Massa pendemo terlibat bentrok dengan Polisi. Massa melempari Polisi menggunakan batu.

Pendemo berhasil dipukul mundur setelah Polisi mengerahkan dua ekor anjing pelacak, kendaraan Water Canon serta melepaskan tembakan gas air mata.

Pelaksanaan simulasi disaksikan Bupati Tegal Umi Azizah beserta unsur Forkompinda Kabupaten Tegal lainnya.

Simulasi Sispamkota mendapat apresiasi dari Bupati Umi Azizah.  "Harapan saya pelaksanaan simulasi ini hanya sekedar simulasi, tidak akan terjadi di Kabupaten Tegal," kata Umi, kepada para peserta usai simulasi.

Suasana simulasi Sispamkot. (Foto: Wijayanto)

Sementara itu Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto menjelaskan,  simulasi digelar untuk melakukan kesiapan menjelang 40 pelaksanaan Pemilu. "Semua sumber kita evaluasi kita cek satu persatu,  kemudian kesiapan tekhnis maupun taktis dalam gelaran Simulasi ini" terang Dwi.

Harapannya jika terjadi situasi kontijensi seluruh anggota Polres Tegal telah siap mengatasi sesuai mekanismenya. "Tetapi kita tetap mengedapankan upaya preventif dan preentif untuk tidak terjadi kontijensi" tegas Dwi.

Dalam Pemilu Presiden dan Legisnatif nanti, Polres Tegal akan mengerahkan dua per tiga kekuatan yang ada, dibantu TNI dan Linmas untuk melakukan pengamanan di  4.353 TPS yang tersebar di 281 desa di Kabupaten Tegal.***


(Wijayanto)