400 Warga Terima Sertifikat Tanah

Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH menyerahkan sertifikat tanah Proda kepada warga Desa Kupu, Desa Wanasari, Brebes. Foto: Humas Brebes.


PortalPantura.com, Brebes -- 400 sertifikat diserahkan ke warga Desa Kupu, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Kamis (11/4/2019). Penyerahan secara simbolis dilakukan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH di Balai Desa setempat.

“Proda untuk Desa Kupu, diberikan kepada 400 sertifikat yang dibiayai Proda Kabupaten Brebes tahun 2018,” ujar Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat menyerahkan sertifikat Proda.

Narjo menjelaskan, sertifikat hak atas kepemilikan tanah yang saat ini dibagikan gratis merupakan pembuatan sertipikat program daerah (proda) yang dibiayai Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dan juga merupakan hasil aspirasi Anggota DPRD.

"Ada Prona, ada Proda, keduanya sama sama bertujuan untuk mempermudah masyarakat memiliki sertifikat, sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah. Kalau Prona dibiayai Pemerintah Pusat, sedangkan Proda dibiayai Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes," terang Narjo.

Untuk menjaga dari kerusakan dan kehilangan Narjo juga meminta sertifikat yg diterima harus dijaga baik-baik dan difotocopy, sehingga bila terjadi kerusakan maupun kehilangan ada copy-an yang bisa digunakan untuk mengurus kembali.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Brebes yang diwakili Kepala Sub Seksi Tata Usaha Djoko Mardjianto untuk mempermudah pengurusan kembali jika terjadi kehilangan perlu adanya fotocopynya. Untuk itu sebelum lupa disarankan untuk difoto Copy dan di simpan secara terpisah dengan aslinya.

Djoko juga menyampaikan karena sertifikat yang dibagikan adalah program masal, maka tidak menutup kemungkinan ada kesalahan baik salah ketik nama maupun kesalahan yang lain. Maka dari itu Djoko meminta sertifikat yang baru diterima dibuka dan dibaca secara seksama agar apa bila ada kesalahan dapat segera diperbaiki.

“Dibuka dan dibaca, jika ada yang salah segera melapor ke panitia, agar segera dapat diperbaiki,” ungkapnya.

Djoko menambahkan untuk Desa Kupu Kecamatan Wanasari jumlah bidang tanah yang disertifikat melalui Proda berjumlah 400 bidang.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Brebes Trisno Warsum Demah berharap sertifikat yang diterima dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, salah satunya sebagai jaminan saat membutuhkan modal usaha.

Namun demikian Trisno meminta, kalau tidak penting banget lebih baik jangan dijadikan jaminan sertifikat tersebut untuk pinjam uang.

“Jangan dijaminkan sertifikat untuk hal hal yang tidak perlu, bahaya kalau tidak sanggup melunasinya, karena tanah yang dijaminkan bisa disita,” pesan Trisno.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Anggota DPRD Kabupaten Brebes Trisno Warsum Demah, kepala Sub Seksi tata usaha Badan Pertanahan Kabupaten Brebes Djoko Mardjianto, Muspika Kecamatan Wanasari, perwakilan Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman serta Penjabat Kepala Desa Kupu Suhariyanto.


(Yud/Ys/Wsd/HmsBbs).
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar