Antisipasi kekurangan darah di bulan Ramadhan, PMI Brebes adakan donor darah massal

Antisipasi kekurangan darah di bulan Ramadhan, PMI Brebes adakan donor darah massal

Selasa, 30 April 2019


PortalPantura.com, Bumiayu -- Untuk mengantisipasi kekurangan darah pada bulan Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes mengadakan donor darah massal di gedung eks Kawedanan Bumiayu, Selasa (30/4/2019).

"Kegiatan ini untuk menambah persediaan dan mengantisipasi kekurangan pada bulan Ramadhan," kata Ketua PMI Brebes Wahidin Soedja.

Ia menuturkan, biasanya saat bulan Ramadhan jumlah orang yang mendonorkan darahnya ke PMI menurun, sehingga persediaan ikut menurun.

Untuk mengantisipasi penurunan persediaan darah, PMI terus menggalakan donor darah pada masyarakat, salah satunya dengan mengadakan donor darah massal.


Pada donor darah massal tersebut tercatat 259 orang mendonorkan darahnya mulai dari pelajar hingga orang dewasa.

Untuk menarik minat masyarakat dalam mendonorkan darahnya, PMI menyediakan doorprize bagi pendonor kulkas, kipas angin dan hadiah menarik lainya.

Pendonor yang beruntung mendapatkan hadiah akan dihubungi melalui telepon yang dicantumkan pada kupon undian.

Kebutuhan darah per bulan

Sementara, kebutuhan darah untuk Kabupaten Brebes mencapai 1.200 kantung darah per bulan, sementara untuk kebutuhan darah di wilayah selatan sekitar 300 kantung darah. Kebutuhan tersebut terpenuhi berkat adanya pendonor yang rutin menyumbangkan darahnya bagi orang lain yang membutuhkan melalui PMI.




(Yudhi)