Desa Bentar dan Bentarsari Bertekad Jadi Kampung Batik

AYO KE KALIGUA

Desa Bentar dan Bentarsari Bertekad Jadi Kampung Batik

Senin, 08 April 2019

Suasana kunjungan Dinpermades Brebes di Kecamatan Salem. Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura.com.


PortalPantura.com, Salem -- Untuk meneguhkan citra batik Salem, Desa Bentar dan Bentarsari bertekad akan menjadi Desa Batik.

Demikian di sampaikan Camat Salem Nur Ari HY saat menerima Tim Monitoring Desa Berdikari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes di Desa Bentar dan Bentarsari, Kabupaten Brebes, Senin (8/4/2019).

“Kegiatan Desa Berdikari yang sudah dimulai sejak 2015 sampai tahun ini makin berkembang. Tentu, bantuan dari pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengembangan Batik Salem,” ujarnya.

Kata Ari, para pengrajin batik masih terus berkarya, berinovasi dengan tidak meninggalkan ciri khas Salem. Motif yang dikembangkan, antara lain Manggar, Kopi Pecah, Kangkung Burung Merak dan lain-lain. Berbagai motif terus dikembangkan dalam mengembangkan budaya lokal.

Dalam jangka panjang, kelompok Berdikari berencana akan membuka kursus atau sekolah Batik di Kecamatan Salem.

Pemanfaatan bahan lokal, juga terus diupayakan diantaranya dengan media pewarnaan alami dari bahan dasar Daun Mahoni dan Kulit Jengkol.

“Permasalahan yang dihadapi kelompok Berdikari, adalah bahan baku batik yang masih dipasok dari luar kota dan pemasaran produk Batik Salem juga masih mengalami kendala,” ungkapnya.

Kepala Desa Bentar Kosasih mengungkapkan, selain produk Batik Salem, kelompok Desa Berdikari juga membuat anyaman berbahan baku dari bambu dan lidi atau biting kelapa.

Kelompok Berdikari, beroperasi mulai 2016 dan secara bertahap mulai dikembangkan dan beberapa waktu terakhir ini, menempati ruangan aset Pemerintah Desa Bentar.

“Khusus binaan Desa Berdikari, beranggota 54 pengarajin batik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pemasaran masih lokal jika ada pemesan atau dititipkan pada toko toko di Desa se Kecamatan Salem dan juga menerima order online dengan jumlah yang masih terbatas.

Kelompok Desa Berdikari di Desa Bentar dan Bentarsari menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Rofiq Qoidul Adzam SH dan turut mendampingi Sri Atun MSi dan rombongan. Team di terima Camat Salem Nur Ari HY dan Sekcam Salem Ujang Wahyu, Pendamping Desa Dadang, Kades Bentar Kosasih, Kades Bentarsari Ruswa, Ketua Kelompok Berdikari Ikbal dan Rukmini.


(Yud)