Di Era Otonomi Daerah, Pemda Dituntut Kreatif dan Inovatif

Di Era Otonomi Daerah, Pemda Dituntut Kreatif dan Inovatif

Kamis, 25 April 2019


PortalPantura.com, Brebes -- Pemerintah kabupaten maupun provinsi dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif sejalan dengan perkembangan jaman. Kreatif dan inovatif, membutuhkan sumber daya manusia yang unggul sehingga pelayanan kepada masyarakatpun makin berkualitas.

Demikian sambutan tertulis, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXIII Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Brebes, di halaman Setda  Brebes, Kamis (25/4/2019).

Dalam penyelenggaraan otonomi daerah, kata Menteri, tidak dapat menganggap bahwa masyarakat hanyalah semata-mata sebagai “konsumen” pelayanan publik, tapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai “citizen” termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Untuk itu, lanjutnya, semnua aparatur sipil negara di daerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah provinsi dan kabupaten/kota. Dengan demikian, pemerintah daerah harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat, di mana masyarakat semakin menyadari akan hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam mendapatkan pelayanan.

Meskipun, kata Menteri, perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.

“Kita dorong dan memberi kesempatan kepada pemerintah daerah, untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasinya,” ajak Tjahjo Kumolo.

Yang jelas, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat. Disamping itu, diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

Peringatan Hari Otda yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Kreatif Dan Inovatif” digelar hikmat.  

Tampak hadir mengikuti upacara Hari Otonomi Daerah Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH bertindak sebagai inspektur upacara, jajaran Forkopimda, para Kepala SKPD Kabupaten Brebes, Pj Sekda Brebes, Asisten Sekda, Kepala Bagian Setda Brebes dan tamu undangan lainnya.



(Yud/Otz/Wsd/HmsBbs)