Imuninasi Terbukti Program yang Cost Effective

AYO KE KALIGUA

Imuninasi Terbukti Program yang Cost Effective

Rabu, 10 April 2019



PortalPantura.com, Brebes -- Imunisasi merupakan salah satu upaya mencegah penyakit menular. Karene pentingnya imunisasi, Pemerintah Kabupaten Brebes mencanangkan Gerakan Bersama Peduli Imunisasi (Gabes Limun).

Pencanangan dilakukan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Brebes Ir Mohammad Iqbal, Rabu (10/4/2019) di gedung IDI Brebes.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengatakan program imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat yang terbukti paling cost effective dan telah diselenggarakan di Indonesia sejak 1956. Dengan program ini, Indonesia dinyatakan bebas dari penyakit cacar sejak tahun 1974. Dan mulai 1977, kegiatan imunisasi diperluas menjadi program pengembangan imunisasi (ppi) dalam rangka pencegahan penularan terhadap beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yaitu tuberculosis, difteri, pertusis, campak, polio, tetanus, hepatitis B, serta pneumonia.

Menurut undang-undang kesehatan RI nomor 36 tahun 2009, lanjutnya, imunisasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya penyakit menular yang merupakan salah satu prioritas Kementerian Kesehatan sebagai bentuk nyata komitmen pemerintah untuk mencapai millenium development goals (MDGs) khususnya untuk menurunkan angka kematian pada anak.

Sebagai komitmen Indonesia untuk eradikasi polio global 2020 dan eliminasi kasus measles rubella (MR) 2020, maka dilakukan berbagai strategi nasional berupa rangkaian kegiatan untuk mewujudkannya. Rangkaian kegiatan tersebut sudah dilaksanakan pada 2016 yaitu pekan imunisasi nasional (PIN) polio pada bulan februari dengan sasaran usia 0-59 bulan, peralihan pemakaian vaksin trivalent oral polio vaccine (topv) kebivalent oral polio vaccine (bopv) pada bulan april dan introduksi inactive polio vaccine (ipv) kedalam imunisasi rutin pada pertengahan 2016. Sedangkan untuk eliminasi kasus measles rubella tahun 2020 salahsatunya adalah kampanye measles rubella di Jawa sudah dilaksanakan pada agustus-september 2017 dan masuk dalam imunisasi rutin mulai oktober 2017.

"Saya berharap, pencanangan hari ini bukan sekadar seremoni. tapi harus ada semangat nunggal karep, semangat bersama agar tujuan dari Gabes Limun ini dapat tercapai," harap Bupati.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kab Brebes Kambali SKM MKes melaporankan, launching ini diharapkan terbentuknya Sinergitas antara Pemerintah dan Warga Masyarakat Brebes dalam penigkatan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata di Kab Brebes melalui Gerakan Bersama Peduli Imunisasi (GaBes LiMun).

Minimal, lanjut khambali, terbentuknya Tim Efektif dengan SK Kepala Dinas Kesehatan, tersedianya data dan peta cakupan Imunisasi menurut desa, terlaksananya koordinasi dengan stakeholder terkait dan terlaksananya konsultasi dan advokasi ke Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah.


(Yud/Bs/Wsd/HmsBbs)