Pemerintah Desa Diharapkan Ikut Bangun RTLH

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH memberi sambutan dalam Peresmian dan sosialisasi bantuan RTLH dan Jambanisasi di Pendopo eks Kawedanan Bumiayu. Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura.com.

PortalPantura.com, Bumiayu -- Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan bisa berperanserta dalam membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Ini sesuai arahan bupati Brebes agar desa mengalokasikan dana desa untuk RTLH," kata Kepala Dinas Permahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kabupaten Brebes, Sutaryono, Selasa (9/4/2019) disela-sela Peresmian dan sosialisasi bantuan RTLH dan Jambanisasi di Pendopo eks Kawedanan Bumiayu.

Ia mengungkapkan, untuk tahun 2019, ada 1.600 RTLH yang akan direhab dengan menggunakan dana dari berbagai sumber.

Sementara, data yang ada d DPRKP Kabupaten Brebes terdapat 13 ribu RTLH yang tersear di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

Jumlah tersebut berdasarkan dari Provinsi Jawa Tengah yang merupakan data terpadu program penanggulangan fakir miskin dan orang tidak mampu.

Agar program RTLH tepat sasaran, maka DPRKP Kabupaten Brebes akan dibentuk tim fasilitator lapangan untuk memverifikasi secara vaktual agar bantuan RTLH tersebut sampai ke masyarakat yang membutuhkan.


(Yud)
Loading...