Ratusan Polisi Mulai Dikerahkan Untuk Pengamanan Pemilu Di Kabupaten Tegal

AYO KE KALIGUA

Ratusan Polisi Mulai Dikerahkan Untuk Pengamanan Pemilu Di Kabupaten Tegal

Senin, 15 April 2019



PortalPantura. com, Slawi -- sebanyak 731 Polisi dikerahkan untuk melakukan pengamanan Pemilu 2019, di Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Kekuatan personil Polisi tersebut merupakan gabungan antara Polres Tegal dan Polda Jawa Tengah. Pengerahan personil ke seluruh TPS dilakukan dalam Apel Pergesaran Pasukan yang digelar di lapangan Aspol Kalibliruk, Slawi, Kabupaten Tegal, Senin (15/4/2019) pagi.

Kapolres Tegal AKBP dwi Agus Prianto, menegaskan, seluruh anggota yang dikerahkan ke TPS telah diinstruksikan untuk melaksanakan tugas pengamanan sampai tuntas dan tidak menarik diri dari TPS sebelum seluruh tahapan Pemilu di TPS rampung.

Polres Tegal juga akan diback up pengaman dari Brimob Polda Jateng. Para personil Brimob akan disiagakan di Polres dan baru akan diterjunkan jika terjadi situasi kontijensi.

Dwi menerangkan, mekanisme pengamanan yang terdukung oleh anggaran dan pelaksnaan pengamanan dimulai tanggal 16 sampai 17 April. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap melihat situasi dan kondisi di TPS. "Kalau memang masih terjadi situasi kontijensi, anggota kita akan tetap dislokasi, " tegas Dwi usai memimpin apel pergeseran pasukan.

Pada tahap awal seluruh personil akan melakukan orientasi dan pengecekan kesiapan TPS. "Mereka (anggota) tidak datang pada saat hari H saja akan tetapi mulai dari cek kesiapan kondisi lokasi," terang Dwi.



S elama pengamanan Pemilu, Polres Tegal memberlakukan skema 2-14-28, yang artinya setiap 2 anggota Polri mengamankan 14 TPS dan ada 28 anggota Linmas dimana setiap TPS ada 2 Linmas.

Jumlah TPS di Kabupaten Tegal sebanyak 4.533. Dengan skema 2-14-28 merupakan standar maksimal yang ditetapkan di Jawa Tengah. " Karena TPS kita banyak, personil kita ini adalah pengamanan skema maksimal, " pungkas Dwi.


(Wijayanto)