Ini materi yang diujikan pada tes seleksi Balon Kades

Ini materi yang diujikan pada tes seleksi Balon Kades

Minggu, 19 Mei 2019


PoralPantura.com, Brebes -- Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) yang memiliki lebih dari 5 balon akan diseleksi melalui tes. Materi yang diujikan terkait kepemimpinan desa, sistem pemerintahan dan aturan desa. Tes seleksi sendiri akan digelar di gedung Korpri Brebes dalam waktu dekat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Brebes, Aris Laode mengatakan, ada 22 desa yang balon kadesnya lebih dari 5, untuk itu sesuai aturan diseleksi melalui tes tertulis.

Setelah melalui tes seleksi, maka akan ditetapkan 5 balon kades menjadi calon kades. Aris berharap agar balon yang telah ditetapkan menjadi calon untuk tidak mengundurkan diri.

"Tidak ada sanksi jika mengundurkan diri setelah ditetapkan menjadi calon kades," kata Aris. Namun, para calon kades yang telah ditetapkan tersebut akan menandatangani kesediaan untuk tidak mengundurkan diri.

Aris juga berharap terhadap calon kades untuk tetap konsisten dalam keinginanya menjadi kepala desa.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 serentak di Kabupaten Brebes dibagi menjadi 2 tahap. Untuk tahap pertama dilakukan pada 16 Juni 2019 dengan menggunakan sistem manual. Sementara untuk tahap 2 dilakukan pada bulan Desember 2019 dengan sistem e-voting.
(Mas Pras)