Lulusan Pesantren MBS Bumiayu hafal Al Qur'an

Lulusan Pesantren MBS Bumiayu hafal Al Qur'an

Rabu, 01 Mei 2019


PortalPantura.com, Bumiayu -- Lulusan Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu telah hafal Al Quran.

Pimpinan Pesantren MBS Bumiayu Abdul Karim Nagib mengatakan, di pesantrenya memiliki rumah Qur'an. "Kami memiliki program santri wajib hafal Al Qur'an 2 juz pertahun," katanya usai acara Wisuda dan Pelepasan Santri MBS Bumiayu, Rabu (1/5/2019) di ponpes MBS yang terletak di belakang masjid agung Bumiayu tersebut.

Karim menambahkan, jika dalam satu tahun santri hafal 2 juz maka setelah lulus santri hafal 6 juz.

"Meskipun pada praktiknya tidak sedikit santri yang hafal lebih dari 6 juz," ungkap Karim.


Program hafalan Al Qur'an ini dilakukan di rumah Qur'an. Setiap satu bulan sekali diambil 20 santri yang juga siswa SMP MBS untuk belajar Al Qur'an secara penuh.

Menghafal Al Qur'an, tutur Karim, dalam diri santri terdapat perubahan yang diantaranya mereka lebih cepat dalam menyerap pelajaran sekolah.

Sementara Ketua Persatuan Pesantren Muhammadiyah se Indonesia, Yunus Muhammadi mengatakan, dulu Muhammadiyah terkenal dengan perguruanya, sebaliknya NU terkenal dengan pesantrenya. Namun kini, keduanya saling mengambil.

"Sekarang banyak pesantren yang mendirikan perguruan di dalamnya. Begitu juga sebaliknya, banyak perguruan yang membuka pesantren di dalamnya," kata Yunus.

Yunus memandang, dengan keadaan tadi merasa bangga karena saling melengkapi.

"Pertumbuhan pesantren Muhammadiyah pesat sekali. Sampai saat ini telah berdiri 255 pesantren, padahal pada tahun 2010 hanya ada 67 pesantren," ungkap Yunus.

Dengan berkembangnya pesantren Muhammadiyah masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan krisis ulama dan degradasi moral. Karena semua itu akan terpenuhi dari dalam pesantren.



(Yudhi)