Pasar tumpah 'hadang' pemudik

AYO KE KALIGUA

Pasar tumpah 'hadang' pemudik

Sabtu, 18 Mei 2019

Kendaraan di depan Pasar Linggapura terlihat padat baik kendaran roda dua maupun roda empat. Sepeda motor dan mobil juga tampak parkir di depan pasar. Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura.com.

PortalPantura.com, Tonjong -- Pemudik yang hendak melintas di jalur Brebes Tonjong-Paguyangan untuk mewaspadai pasar tumpah yang bisa 'menghadang' mereka saat melintas.

Pasar tumpah yang perlu diwaspadai yakni pasar Tonjong dan pasar Linggapura serta pasar Winduaji. Meskipun di kedua pasar tersebut hanya beraktifitas pagi hingga siang hari, namun aktifitas pengunjung pasar yang padat bisa menimbulkan kendaraan yang melaju terhambat.

Di pasar Tonjong, pemudik baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dihimbau untuk waspada. Pengunjung pasar sering kali menyeberang jalan untuk menuju dan dari pasar. Selain itu, jalan yang mulus dan lurus menggoda pengendara untuk memacu  kendaraanya lebih cepat, padahal didepanya ada pasar yang banyak orang lalu lalang.

Setelah melewati pesar Tonjong, pemudik juga akan menemui pasar Linggapura. Aktifitas warga yang menyeberang memaksa laju kendaraan diperlambat. Selain itu, angkudes serta ojek yang parkir di sisi jalan juga bisa mempersempit badan jalan.

"Kalau pagi di sini ramai, apalagi ada tem-teman bus jurusan Jakarta," kata salah seorang juru parkir pasar Linggapura, Aris.

Pertigaan jalan di sisi utara pesar juga berpotensi menimbulkan laju kendaraan terhambat. Pertigaan tersebut merupakan jalan Brebes-Purwokerto dan jalan menuju Kabupaten Tegal. Di pertigaan ini setiap saat ada kendaraan yang menyeberang baik itu kendaraan roda dua maupun.  roda empat. Karena badan jalan yang sempit, kendaraan kadang kesulitan bergerak terutama saat berpapasan dengan kendaraan besar.

Setelah lepas dari pasar Linggapura, pemudik yang hendak menuju arah Purwokerto masih dihadapkan pada pasar Winduaji di Kecamatan Paguyangan. Meskipun pasar ini beraktifitas pada pagi hari, namun lalu lalang pengunjung dan kendaraan bisa menghambat laju kendaraan pemudik.

Sebelum melintas di Kabupaten Brebes wilayah selatan, pemudik juga berhadapan dengan pasar Kesambi. Pasar yang berada persis di pinggir jalan Tegal-Purwokerto ini juga memiliki aktifitas yang tinggi terutama pada pagi hari.
(Yudhi)