Pelanggan PDAM Bumiayu ada yang nunggak sampai 5 tahun

Pelanggan PDAM Bumiayu ada yang nunggak sampai 5 tahun

Sabtu, 11 Mei 2019


PortalPantura.com, Bumiayu -- Ditengah tuntutan memberikan pelayanan terbaik kepada pelangganya, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Brebes IKK Bumiayu dipusingkan dengan jumlah tunggakan yang besar.

Kepala PDAM Brebes IKK Bumiayu, Anis Safarudin SE mengungkapkan, di wilayah kerjanya ada 4180 pelanggan. Namun, ada sebagian pelanggan yang menunggak pembayaran rekening PDAM.Tunggakan pelanggan jika ditotal kurang lebih Rp1 miliar.

Pihaknya berupaya menagih pelanggan yang menunggak tersebut. "Kami prioritaskan pelanggan yang menunggak lebih dari 3 bulan," kata Anis. Ia menambahkan, ada nasabah yang menunggak selama 5 tahun.

PDAM Brebes IKK Bumiayu menargertakan minimal 10 persen pelanggan yang menunggak tertagih dalam setiap bulanya.

Anis mengungkapkan, ada sebuah daerah yang pelangganya memiliki tunggakan besar dan lama. Mereka tidak membayar tagihan rekening PDAM karena alasan sumber air PDAM berasal dari daerah yang mereka tinggali.

Pelanggan yang menunggak juga dipicu saat distribusi air kurang lancar pada musim kemarau sebelumnya, namun saat air telah normal kembali mereka tidak kunjung membayar tunggakan.

"Kami memohon kesadaran pelanggan untuk memenuhi kewajibanya, yakni membayar rekening setiap bulan," pinta Anis.

Secara aturan, jika pelanggan menunggak pembayaran lama, maka meteran akan disegel hingga pelanggan melakukan pembayaran. Jika selama disegel pelanggan tidak juga memenuhi kewajibanya, PDAM terpaksa memberikan sanksi tegas berupa pencabutan meteran.

(Yudhi)