PKK Kecamatan Paguyangan juara 1 lomba cipta menu B2SA tingkat Kabupaten Brebes

PKK Kecamatan Paguyangan juara 1 lomba cipta menu B2SA tingkat Kabupaten Brebes

Jumat, 03 Mei 2019


Wakil Bupati Brebes Narjo mencicipi menu hasil kreasi peserta lomba cipta menu B2SA di Pendopo Brebes, Jumat (3/5/2019). Foto: Humas Brebes.

PortalPantura.com, Brebes -- PKK Kecamatan Paguyangan menyabet juara 1 dalam lomba cipta menu beragam,bergizi seimbang dan aman (B2SA) di Pendopo Brebes, Jumat (3/5/2019) yang diadakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Brebes  bekerjasama dengam Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes.

Sementara kecamatan lainya yang ada di Brebes wilayah selatan juga menyabet juara harapan 3 yakni PKK Kecamatan Sirampog.

Adapun hasil dari Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi seimbang  dan Aman (B2SA) berbasis Sumberdaya Lokal sebagai Juara 1 PKK Kec.Paguyangan ,Juara 2 PKK Kec Wanasari , Juara 3 PKK Kec Larangan ,Harapan 1 DW P PU ,Harapan 2PKK Kec. Salem  dan Harapan 3 PKK Kec.Sirampog.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Yulia Hendrawati menuturkan, lomba yang diadakan tersebut bertujuan untuk penanganan permasalahan gizi dalam hal stunting,melalui peningkatan konsumsi pangan yang  beragam bergizi serimbang dan aman, serta mendorong kreativitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

"Dalam lomba ini diikuti 17 anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Brebes,satu perwakilan Dharma Wanita Persatuan ,Perwakilan organisasi wanita yang tergabung dalam GOW Kab.Brebes dan dari Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Tata Boga," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Yulia Hendrawati.

Lomba dibuka oleh Wakil Bupati Brebes Narjo mewakili Bupati Brebes. Dalam sambutan tertulisnya bupati  mengatakan, Konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan Lokal, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari, dalam rangkan mendukung upaya tersebut salah satunya dilakukan berupa Lomba Cipta menu B2SA.Melalui kegiatan in juga diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi yang seimbang. disamping itu pula untuk memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan.

Peningkatan kualitas sumberdaya manusia ini dapat didorong dari konsumsi pangan yang bergizi tinggi tersebut dapat dicari dari pangan yang bersifat lokal dan inovatif serta berbiaya murah.sebagai warga Kab.Brebes sudah sepatutnya kita berbangga karena daerah kita memiliki kekayaan sumber pangan Lokal yang sangat banyak untuk dikembangkan menjadi aneka pangan seperti ubi kayu,ubi jalar,kacang hijau,kacang tanah dan lain sebagainya.


(Yudhi/HmsBbs)