Serunya berburu kuliner di Pasar Ramadhan Bumiayu

Serunya berburu kuliner di Pasar Ramadhan Bumiayu

Sabtu, 11 Mei 2019


PortalPantura.com, Bumiayu -- Menunggu saat berbuka puasa banyak cara dilakukan. Ada yang jalan-jalan ke suatu tempat, ada pula yang hanya bercengkerama dengan tetangga terdekat.

Dalam santap buka puasa tentu ada beragam makanan yang disajikan. Namun, ada kuliner khas ramadhan yang sering nampak di meja makan seperti es buah, es campur, kolang-kaling, kolak, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan kuliner khas Ramadhan tadi, tidak perlu repot-repot berpindah-pindah tempat, karena ada Pasar Ramadhan yang menjajakan kuliner yang cocok disantap saat berbuka puasa.

Di pasar Ramadhan ini ada sekitar 30-an pedagang yang siap melayani pembeli. Harga yang wajar membuat pasar yang hanya buka selama bulan Ramadhan ini selalu ramai dikunjungi setiap hari.


Warga yang ingin membeli kuliner buka puasa bisa datang ke jalan Ahmad Dahlan Bumiayu setiap hari mulai pukul 15.00 WIB hingga menjelang waktu buka puasa.

Penggagas Pasar Ramadhan, Baitsul Amri menuturkan, pasar ini didirikan untuk memudahkan warga Bumiayu dan sekitarnya dalam mendapatkan hidangan buka puasa dalam satu tempat. Karena, di pasar ini tersedia banyak kuliner yang cocok disantap saat berbuka puasa.

"Yang jualan disini adalah anggota Komunitas Pedagang Muda Bumiayu," kata Amri.


Ia menambahkan, pasar ini adalah kelanjutan pasar jajanan yang dibuka setiap minggu ditempat yang sama, namun karena memasuki bulan puasa, pasar ini dinamakan Pasar Ramadhan dan dibuka setiap hari selama bulan puasa.

Pasar Ramadhan juga berfungsi sebagai sarana promosi bagi pelaku bisnis mikro dan kecil di Bumiayu untuk memperkenalkan bisnisnya kepada masyarakat agar lebih diterima lagi produk-produk mereka terutama kuliner.

(Yudhi)