Sinta: Gus Dur itu hobinya tidur

Sinta: Gus Dur itu hobinya tidur

Selasa, 14 Mei 2019

Hj Sinta Nuriyah Wahid berdialog dengan anak yatim dan memberikan bantuan secara simbolis kepada kaum duafa di Brebes wilayah selatan. Foto: Yudhi Prasetyo.

PortalPantura.com, Bumiayu -- Kaum duafa dan termarjinalkan di Kabupaten Brebes wilayah selatan buka puasa bersama Ibu Negara ke-4 Dra HjSinta Nuriyah Wahid M Hum di Pendopo 2 Brebes eks Kawedanan Bumiayu, Selasa (13/5/2019).

Sinta yang memakai kerudung putih tersebut disambut oleh undangan yang hadir di gedung eks Kawedanan Bumiayu itu. Tari kolosal 'Roro jonggrang' mengawali acara buka puasa bersama yang diikuti dengan pembacaan puisi serta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Di hadapan hadirin, Sinta menuturkan, saur maupun buka bersama dengan kaum duafa dan termarjinalkan merupakan kebiasaanya sejak KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang merupakan suaminya masih menjabat sebagai presiden Republik Indonesia ke-4.

"Kebiasaan saur bersama dengan kaum duafa dan termarjinalkan sudah saya lakukan sejak masih mendampingi Gus Dur di Istana Negara," tutur Sinta.

Ia juga menuturkan, dirinya pernah saur bersama tukang becak di alun-alun Tegal beberapa tahun yang lalu. Sinta juga kerap saur bersama ibu-ibu pedagang dan kaum termarginalkan lainya di kolong jembatan.

Saat tanya jawab dengan hadirin, ada salah seorang penanya yang bertanya mengenai hobi Gus Dur selama masih hidup yang diikuti gelak tawa hadirin lainya. Diberi pertanyaan tersebut, Sinta menjawab pertanyaan yang diajukan itu dengan santai. "Hobi Gus Dur itu tidur," jawabnya singkat.

Sinta lalu menjelaskan, Gus Dur sering tidur di rapat-rapat, di forum-forum, namun hebatnya, ketika waktunya ia bicara, Gus Dur bisa menyampaikan dengan lancar dan mengetahui apa yang tengah dibicarakan.

Setelah melakukan santap buka puasa Shinta memberikan secara simbolis bantuan kepada anak yatim, fakir miskin, tukang becak, dan kaum termarginalkan lainya.

Hadir dalam acara tersebut beberapa tamu undangan seperti Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yang diwakili oleh Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Brebes, SKPD se Kabupaten Brebes, masyarakat lintas agama dan etnis, serta tamu undangan lainya.
(Yudhi)