Berkat Pamsimas, kesulitan air bersih tak lagi dirasakan

Berkat Pamsimas, kesulitan air bersih tak lagi dirasakan

Rabu, 03 Juli 2019


PortalPantura.com, Bumiayu - Sejak bertahun-tahun warga Dukuh Karang Dawa, Desa Laren, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes kekurangan air bersih terutama saat musim kemarau. Namun, sejak ada Pamsimas mereka tidak lagi kesulitan air bersih.

"Dulu sebelum ada program pamsimas, warga harus mencari air bersih ke sumbernya yang berjaran kurang lebih 1 kilometer dari rumah mereka," kata Kepala Desa Laren Arief Setiawan kepada media ini, Rabu (3/7/2019) di ruang kerjanya.

Pamismas yang dibangun pada tahun 2018 lalu, ujar Arief, manfaatnya sangat dirasakan karena warga yang dulunya kesulitan dalam mendapatkan air bersih kini tidak lagi mengalami hal tersebut.

Dukuh Karang Dawa sendiri masuk Rukun Warga (RW) 06 dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 120 dan jumlah jiwa sebanyak 600.

Melihat manfaat yang begitu besar dari kehadiran pamsimas tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Laren berencana membagun sumber mata air lagi untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Rencananya kita akan buat sumur bor di RW 03 Dukuh Krajan," ungkap Arief. Ia menambahkan, pembuatan sumur bor tersebut karena di daerah tersebut merupakan pemukiman padat penduduk.

Arief juga menambahkan, rencana pembangunan sumur bor tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang dengan menggunakan skema dana desa.

Sementara salah seorang warga Dukuh Karang Dawa, Amir (38) mengaku senang dengan adanya pamsimas di kampungnya. Pasalnya, ia kini tidak lagi memikirkan mendapatkan air bersih terutama saat musim kemarau.

"Kalau dulu saya harus mencari air bersih diluar rumah untuk minum dan kebutuhan sehari-hari," tutur Amir.
(Yudhi)