Kekurangan Siswa, di SDN Kutayu 02 Kelas 1 Hanya Ada Satu Siswa

Kekurangan Siswa, di SDN Kutayu 02 Kelas 1 Hanya Ada Satu Siswa

Selasa, 16 Juli 2019

Salah satu ruang kelas di SD Negeri Kutayu 02 kosong karena tidak ada siswa. - Foto: Yudhi Prasetyo/PortalPantura.com.

PortalPantura.com, Brebes - Sebuah Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes kekurangan siswa. Bahkan, hanya ada satu siswa kelas 1 yang mendaftar di sekolah tersebut. SD yang kekurangan siswa tersebut adalah SD Negeri Kutayu 02.

Kepala SD Negeri Kutayu 02, Widada mengatakan, hingga saat ini hanya ada satu siswa yang mendaftar di sekolah tersebut. Menurutnya, menyusutnya siswa yang mendaftar di sekolahnya itu telah terjadi sejak lama.

Widada juga menuturkan, untuk kelas 2 bahkan tidak ada siswa karena kepala sekolah yang sebelumnya menerapkan kebijakan tidak menerima siswa lagi, namun pada tahun ini penerimaan siswa tetap dilaksanakan.

"Ruangan kelas 2 kosong karena tidak ada siswanya," tutur Widada.

SD Negeri Kutayu 02 sendiri berhadapan dengan SD Negeri Kutayu 03, namun di SD Negeri 03 meskipun jumlah siswanya tidak tergolong banyak, namun tidak begitu parah dibanding dengan SD Negerti Kutayu 02.

Meskipun siswa kelas 1 hanya ada satu siswa, namun kegiatan belajar tetap dilakukan. Kedepan, ada kemungkinan siswa tersebut akan digabung dengan siswa di SD Negeri Kutayu 03 yang ada di depanya. Dengan demikian, praktis kelas yang terisi siswa hanya kelas 3 hingga kelas 6.

"Kemungkinan SD Negeri Kutayu 02 dan SD Negeri Kutayu 03 akan diregruping karena jumlah siswanya yang sedikit," kata Widada. (Yudhi)