Kemenpora hadiahi modal kepada pengusaha muda

Kemenpora hadiahi modal kepada pengusaha muda

Kamis, 04 Juli 2019

Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Faisal Abdullah (tengah baju putih) melihat salah satu hasil produk dalam acara Prakualifikasi Teknoprener Muda Pemula 2019 di Hotel Primebiz Kota Tegal, Kamis (4/7/2019). Foto: Wijayanto.
PortalPantura.com, Slawi - Meski masih sangat dasar, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digeluti kawula muda di Kabupaten Tegal cukup potensial untuk dikembangkan. Karena perlu pelatihan dan pengalaman hingga ada produk yang lebih baik lagi.

Hal itu diungkapkan Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Faisal Abdullah dalam acara Prakualifikasi Teknoprener Muda Pemula 2019 di Hotel Primebiz Kota Tegal, Kamis (4/7/2019). Acara yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tegal itu mengundang sebanyak 30 Wirausaha Pemuda.

Para peserta yang ikut dalam acara prakualifikasi itu dipilih langsung oleh Tim Wirausaha Pemuda (WP), bentukan dari Bappeda Kabupaten Tegal.

Dari 30 wirausaha itu, pihak Kemenpora akan memilih delapan (8) pemuda dengan jenis inovasi bisnis terbaik.

"Dari delapan itu, akan dipilih tiga terbaik untuk diberikan dana usaha sebesar Rp 15 juta. Sedangkan lima lainnya diberi bantuan dana masing-masing sebesar Rp 10 juta," kata Faisal

"Keragaman produk sudah sangat bagus. Namun marketingnya harus dilakukan," tegas Faisal.

Faisal menegaskan ada dua hal yang harus dikuasai yakni menjadikan produk berkualitas dan penjual yang baik. Dia melihat, para entrepreneur muda saat ini belum terbiasa dengan marketing.

"Padahal, itu harus dipelajari, prakteknya bagaimana menjual secara tepat. Jangan sampai target pasaran hanya sasaran lokal tapi marketing internasional,"jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal Suharinto mengatakan dari peserta yang mengikuti seleksi inovasi produk masih belum maksimal. Pihaknya belum menemukan ada produk yang inovasinya original.

"Original inovasi belum kelihatan. Meski begitu, kedepan diharapkan setelah adanya kegiatan ini akan muncul pemuda tekhnoprener yang nantinya bisa memotivasi lainnya,"tandasnya.

Suharinto menambahkan nantinya ada pembinaan dari organisasi yang di bina oleh Pemkab Tegal.
(Wijayanto)