Gerai Pelayanan Publik di Bumiayu Cover 6 Kecamatan

Gerai Pelayanan Publik di Bumiayu Cover 6 Kecamatan

Selasa, 06 Agustus 2019

Bupati Brebes mendengarken penjelasan mengenai GPP yang baru saja diluncurkanya tersebut. - Foto: Yudhi Prasetyo.

PortalPantura.com, Brebes - Gerai Pelayanan Publik (GPP) yang baru saja diluncurkan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengcover 6 kecamatan di Kabupaten Brebes wilayah selatan. Hal tersebut karena selama ini masyarakat di wilayah itu kesulitan dalam mengakses layanan publik mengingat jauh dari tempat tinggal mereka.

6 kecamatan yang dicover dalam GPP yakni kecamatan Tonjong, Bumiayu, Sirampog, Paguyangan, Bantarkawung, dan Salem.

Peluncuran GPP sendiri dilakukan oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH disaksikan beberapa anggota DPRD Kabupaten Brebes, OPD terkait dan camat serta kepala desa se Kabupaten Brebes wilayah selatan.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengatakan, peluncuran GPP di kompleks gedung eks Kawedanan Bumiayu tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah selatan yang jarak tempuhnya jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Brebes.

"Karena itu kami siapkan pelayanan yang lebih dekat dan berkualitas," kata Idza saat ditanya sejumlah wartawan usai meluncurkan GPP di kompleks gedung eks Kawedanan Bumiayu, Selasa (6/8/2019).

Idza menuturkan, dalam GPP sendiri terdapat OPD dan organisasi vertikal lainya di Kabupaten Brebes. GPP juga merupakan inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dimana ada layanan yang sudah ada tetapi kita lakukan di satu tempat sehingg masyarakat bisa mengakses dengan mudah dan cepat.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Drs Ratim mengatakan, OPD yang bergabung di GPP Bumiayu sebanyak 14 OPD dilingkungan Pemda Brebes dan tujuh instansi vertikal yang ada di Kabupaten Brebes yang ada kaitanya dengan pelayanan.

"Kemudian harapnya adalah masing-masing OPD dan instansi vertikal tersebut bisa saling bersinergi sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa terlayani dengan baik," kata Ratim.

GPP Bumiayu sendiri melayani 65 jenis pelayanan atau hampir semua pelayanan yang ada di Kabupaten Brebes, termasuk pelayanan perizinan usaha, BPJS, PDAM, SAMSAT, dan pelayanan lainya. (Yudhi)