Hari Pramuka, Kwarcab Brebes Bagikan Air Bersih

Hari Pramuka, Kwarcab Brebes Bagikan Air Bersih

Rabu, 14 Agustus 2019



PortalPantura.com, Brebes - Kekeringan yang melanda Kabupaten Brebes akibat musim kemarau panjang membuat sebagian wilayah Brebes mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.

Sebagai bentuk kepedulian, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Brebes melalui Pramuka Peduli membagikan bantuan air bersih kepada masyarakat di Kecamatan Larangan. Luncuran pemberian bantuan, dilakukan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dengan mengibaskan bendera start di depan mobil tangki air dari halaman SD N 1 Larangan, Brebes. Rabu (14/8/2019).

Pemberian air bersih secara simbolis oleh Bupati selalu Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Hj Idza Priyanti SE MH, didampingi Wakil Ketua Mabicab Narjo SH MH dan Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam usai upacara hari pramuka ke-58.

Bupati Brebes pada upacara hari Pramuka, bertindak sebagai Pembina Upacara. Bupati membacakan amanat Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dalam amanatnya, Ketua Kwarnas antara lain menyebutkan merebaknya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba menjadi keprihatinan Gerakan Pramuka. Oleh karena Budi Waseso mengajak kepada segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes)

Buwas, panggilan akrab Budi Waseso juga mencermati pentingnya terstandarnya seragam Pramuka. Baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya perlu peninjauan dan pembaruan. Kwartir Nasional tengah berupaya menjadikan seragam mempunyai ciri kesamaan, mulai dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote, mulai dari Pembina sampai dengan anggota Pramuka Siaga, serta mulai dari Kwartir Nasional hingga Gugus Depan.

Dalam kesempatan tersebut, Mabicab Brebes Idza Priyanti SE MH menyerahkan Piagam Penghargaan dan Lencana Pancawarsa dari kwartir Daerah Jawa Tengah Kepada Anggota Pramuka yang dianggap telah berjasa dan berprestasi dalam penyelenggaraan kepanduan di Kabupaten Brebes.

Anggota Pramuka yang menerima penghargaan antara lain Hj Atik Priatiningsih MPd andalan Kwarcab Brebes menerima penghargaan Darma Bakti, Sri Mulyani SPd anggota Mabiran Bulakamba menerima penghargaan Pancawarsa VII, Yuliasih SPd Andalan Kwarran Bulakamba (Pancawarsa VII), Farid Maruf SPd SD (Pancawarsa VI), Rojikin SPd Andalan Kwarran Songgom (Pancawarsa VI), Agus Jumanto SPd Andalan Kwarcab Brebes (Pancawarsa V), Saroni SPd Andalan Kwarran Songgom (Pancawarsa V), dan Azzi Mahwati M Pd anggota Pusdiklatcab Brebes (Pancawarsa II).

Usai mengikuti upacara, Wakil Bupati Brebes selaku Wakamabicab Narjo SH MH dan Ketua Kwarcab Emasthoni Ezam melakukan peninjauan Jambore Ranting Kwarran Larangan dan Ketanggungan.

Dalam peninjauan mereka mendapatkan sambutan hangat dari anggota Pramuka yang tengah berjambore ria. Tak henti-hentinya, Narjo dan Emastoni menyalami peserta perkemahan sembari menyanyikan lagu di sini senang di sana senang.

Kak Narjo, sempat memotivasi para anggota Pramuka di Jambore Ketanggungan. Dia mengajak untuk terus berbuat baik, selalu cetak prestasi dan jangan terjerumus kedalam pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan.

“Ayo terus cetak prestasi, jangan terjerumus pergaulan bebas, dan jauhi Narkoba” pesan Kak Narjo.

Kak Narjo yakin, dari sekian banyak anggota Pramuka kelak akan ada yang menjadi orang-orang hebat. Bisa saja menjadi polisi, tentara, anggota dewan, bupati, gubernur bahkan bisa presiden. Untuk itu, anggota pramuka jangan malas, teruslah bersemangat belajar menuntut ilmu tanpa mengenal lelah.

“Jangan sampai terjerumus ke hal-hal konyol yang dapat meluluhlantakan cita cita besar kalian,” pesan Narjo. (Yaser Arafat, Wasdiun)