Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, DPKH Brebes Periksa Sapi dan Kambing di Pasar Wage

Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, DPKH Brebes Periksa Sapi dan Kambing di Pasar Wage

Kamis, 08 Agustus 2019


PortalPantura.com, Brebes - Untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes mengecek sapi dan kambing yang diperjualbelikan di Pasar Hewan Bumiyu, Rabu (7/8/2019).

"Pada prinsinya pemeriksaan dilakukan dalam empat tahap. Pertama pemeriksaan dilakukan di kelompok untuk stok hewan kurban, " kata Kepala DPKH Kabupaten Brebes Dr Ismu Broto. Untuk pemeriksaan tahap dua, lanjutnya, dilakukan pada lapak-lapak dan yang ketiga dilakukan di pasar-pasar, serta keempat dilakukan di rumah pemotongan hewan dan panitia kurban. Dari pemeriksaan yang dilakukan tersebut untuk mengetahui apakah hewan yang diperiksa itu layak dijadikan kurban atau tidak.

Pada hari H, DPKH juga akan melakukan pemeriksaan di tempat penyembelihan hewan kurban untuk mengetahui apakah daging kurban layak untuk dikonsumsi atau tidak.

Iswo memberi saran kepada warga yang akan membeli hewan kurban agar membeli hewan kurban yang sesuai dengan sariat Islam, tidak cacat, umur yang cukup. "Yang paling utama adalah jangan memotong hewan betina produktif, jika ada yang memotong hewan bertina harus dilengkapi dengan surat status reproduksi dari petugas," katanya.

Sementara petugas pemeriksaan hewan, Adi Mustika mengatakan, pemeriksaan pada sapi perlu diperhatikan seperti pada gigi. Jika gigi pertama sudah copot dua berarti umur sapi sudah dua tahun, jika gigi sudah copot empat berarti sapi tersebut umurnya empat tahun.

"Pemeriksan berikutnya adalah pada mata, jika sapi sehat memiliki mata yang bening dan tidak mengeluarkan air mata secara terus menerus," kata Adi.

Pemeriksaan selanjutnya adalah jika sapi jantan harus memiliki dua testis yang sejajar. Kulit sapi juga harus diperhatikan, jika sapi memiliki kulit yang halus bisa dipastikan hewan tersebut dalam keadaan sehat, sementaa jika sapi tersebut memiliki kulit kasar kemungkinan di dalamnya mengandung cacing.

Hidung sapi juga harus diperiksa sebelum membeli. Hidung yang basah menandakan sapi tersebut sehat. (Yudhi)