Hutan Lindung di Lereng Gunung Slamet Terbakar, Seluruh Polsek di Brebes Wilayah Selatan Dikerahkan - Portal Pantura

Hutan Lindung di Lereng Gunung Slamet Terbakar, Seluruh Polsek di Brebes Wilayah Selatan Dikerahkan

Rabu, 18 September 2019, 19.28
iklan
Anggota polisi sedang memantau perkembangan kebakaran hutan lereng Gunung Slamet di persimpangan jalur 1 dan 2 pendakian gunung Slamet. - Foto: Yudhi Prasetyo.  

PortalPantura.com, Brebes - Hutan lindung di lereng Gunung Slamet yang masuk wilayah Kabupaten Brebes terbakar pada, Selasa (17/9/2019) kemarin.

Hingga Rabu (18/9/2019) siang puluhan orang dari BPBD, dan relawan lainya dikerahkan menjinakan api.

Wakil Kepala Administrasi Perhutani Pekalongan Barat, Hartanto mengatakan, hutann yang terbakar yang masuk wilayah Kabupaten Brebes berada pada petak 16.

"Estimasi petak yang terbakar kurang lebih 10 hektar," kata Hartanto. Sementara, luas petak 16 sendiri seluas 864,5  hektar.

Hartanto juga mengatakan, selain petak 16, kebakaran juga melanda petak 17, namun di petak tersebut hanya sebagian kecil saja.

Lokasi kebakaran yang cukup jauh membuat kendala tersendiri sehingga penanganan kebakaran sedikit terhambat. Jarak terdekat yaitu 2-3 jam dengan jalan kaki atau kurang lebih enam kilometer.

Hingga Rabu siang, upaya pemadaman masih terus dilakukan diantaranya dengan membuat sekat bakar dengan sistem parit di area sekitar hutan yang terbakar. Langkah ini bertujuan untuk menghambat area agar tidak meluas.

Polisi dari seluruh sektor di Brebes wilayah selatan juga dikerahkan untuk menanggulangi kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet tersebut. (Yudhi)

TerPopuler