Tumpukan Sampah di Sungai Pinggir Pasar Linggapura Dibersihkan - Portal Pantura

Tumpukan Sampah di Sungai Pinggir Pasar Linggapura Dibersihkan

Minggu, 15 September 2019, 15.05
iklan

PortalPantura.com, Brebes - Puluhan elemen masyarakat gotong royong membersihkan sungai Kalong yang berada di samping Pasar Linggapura, Kecamatan Tonjong, Minggu (15/9/2019). Mereka berjibaku dengan sampah yang menutupi aliran sungai dan memindahkanya ke mobil pengangkut sampah serta membawanya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ratusan orang yang terdiri dari organisasi masyarakat, pegawai pemerintah, BPBD, Pelajar, dan relawan lainya turun ke sungai dengan meniti tangga. Dengan cara manual mereka mengumpulkan sampah yang menumpuk di dasar sungai lalu memindahkanya ke dalam karung dan diangkat untuk dipindahkan ke mobil pengangkut sampah. Sedikitnya ada lima truk sampah yang disiagakan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Edi Kusmartono menyebut bersih-bersih sungai Kalong tersebut merupakan gerakan masyarakat yang peduli dengan lingkungan. "Ada sekitar 50 elemen yang bergabung membersihkan sungai ini," katanya.

Edi menambahkan, aksi bersih sungai ini untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Aksi tersebut juga sebagai solusi jangka pendek terhadap permasalahan sampah di sungai tersebut.

Setelah sungai bersih diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke sungai sehingga sungai tetap bersih. Untuk itu, pemerintah desa dan masyarakat merencanakan langkah-langkah ke depan untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut.

Kepala Desa Linggapura, Zaenal Arifin mengungkapkan, pemerintah desa Linggapura akan mengadakan puluhan tong sampah dan armada pengangkut sampah dari rumah warga ke TPA. "Pengadaannya masih menunggu dana desa turun," tuturnya. (Yudhi)

TerPopuler