Antisipasi Longsor, Rekahan di Pasir Panjang Ditutup - Portal Pantura

Antisipasi Longsor, Rekahan di Pasir Panjang Ditutup

Sabtu, 05 Oktober 2019, 18.24
iklan

PortalPantura.com, Brebes - Untuk mengantisipasi longsor, rekahan tanah di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem ditutup. Penutupan dikakukan oleh masyarakat bersama dengan TNI, Polri, Perhutani, Satpol PP, BPBD, dan instansi lainya, Sabtu (5/10/2019).

"Untuk pekerjaan kali ini kita fokuskan di petak 7F RPH Windusari, BKPH Salem. KPH Pekalongan Barat, Bukit Labuan Bulan yang merupakan mahkota longsor pada 28 Februari 2018 lalu," kata Danramil Salem Kodim 0713 Brebes, Kapten Inf Iskandar.

Iskandar menambahkan, penutupan rekahan merupakan mitigasi tanah bergerak jelang musim hujan. Pasalnya, titik tersebut termasuk zona merah rawan longsor.

Bati Tuud Koramil Salem, Pelda Jahri menuturkan, rekahan juga terjadi di bukit Jojogan sedalam 50 centimeter dan sepanjang dua hektar. penutupan rekahan tanah yang dilakukan tersebut juga untuk mengamankan pemukiman penduduk yang ada di bawah bukit.

"Penutupan rekahan tanah dilakukan dengan mengisi rehakan dengan kantung atau karung tanah untuk meminimaisir agar air tidak masuk ke dalam rekahan," kata Pelda Jahri.
(Pendim0713Brebes)

TerPopuler